Sukses

UMM Ambil Langkah Hukum Terkait Hoax Formasi Tagar 2019 Ganti Presiden

Rektor UMM mengatakan terrduga pelaku yang mengedit dan menyebar foto hoax sudah dapat diidentifikasi oleh tim UMM.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto formasi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bermuatan politis beredar di media sosial. Foto tersebut yaitu bentuk formasi para mahasiswa UMM Dengan latar belakang putih, dan tulisan merah berbentuk #2019GantiPresiden.

Foto ini dengan cepat menyebar di jagat dunia maya. Mulai Facebook, Twitter, Instagram, hingga aplikasi WhatsApp. Seolah-olah formasi ini resmi buatan UMM. Foto yang beredar juga lengkap dengan logo resmi dari kampus putih itu.

Mengenai hal ini, Rektor UMM, Fauzan MPd menegaskan, formasi bermuatan politis ini bukan buatan mereka. Artinya, formasi #2019GantiPresiden itu murni hoax.

Cek Fakta - Klarifikasi UMM (Foto: Instagram/@ummcampus)

"Kami sudah membuat keterangan resmi, bahwa foto yang disebar di dunia maya itu hoax. Kami tidak membuat flashmob semacam itu," katanya, ketika menghubungi JawaPos.com, Sabtu, 8 September 2018.

Keterangan resmi ini, lanjut Fauzan, juga sudah diunggah melalui akun media sosial milik UMM. Fauzan menjelaskan, pihaknya tengah menempuh upaya hukum. Bahkan, terduga pelaku yang mengedit dan menyebar foto hoax sudah dapat diidentifikasi oleh tim UMM. 

"Nanti itu tim hukum yang akan mengurus, yang jelas kami menempuh upaya hukum. Mungkin terduga pelaku itu ingin cari perhatian saja. Kebetulan momennya pas," beber mantan wakil rektor II itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenapa Diplesetkan?

Sementara itu, kreator formasi jas merah mob UMM, Jamroji menyayangkan ulah oknum yang mengedit foto formasi sehingga bermuatan politis.

"Kenapa harus diplesetkan yang mengarah ke persoalan politik. Apalagi ini menyangkut nama lembaga besar," katanya, Sabtu, 8 September 2018. 

Menurutnya, plesetan ini bisa mengarah ke fitnah. Dia menegaskan, formasi yang mereka bentuk adalah Merah Putih, KH Ahmad Dahlan, Student Today, Leaders Tomorrow, logo UMM, Peta Indonesia dan Pray for Lombok.

"Yo jelas nggak ada (formasi #2019GantiPresiden). Kami masih punya etika kok," tegas dia. 

Baca Berita-Berita Menarik JawaPos.com Lainnya di Sini

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.