Sukses

Membandingkan Penghargaan Bergensi Jokowi dan Prabowo

Jokowi dan Prabowo punya latar belakang yang berbeda. Benang merahnya, keduanya sama-sama berprestasi di bidang masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi dan Prabowo akan kembali bersaing memperebutkan kursi orang nomor satu di Indonesia melalui Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Keduanya punya latar belakang yang berbeda.

Jokowi berasal dari kalangan sipil. Karier politiknya mulai mencuat saat ia menjadi Wali Kota Solo.

Sementara Prabowo merintis karier di jalur militer. Dia pernah menempati beberapa posisi strategis sepanjang masa pengabdiannya di TNI.

Meski demikian, baik Jokowi dan Prabowo tergolong menonjol dalam perannya masing-masing. Terbukti dengan sejumlah penghargaan yang disematkan kepada keduanya.

Berikut penghargaan bergengsi yang pernah diterima Jokowi dan Prabowo:

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penghargaan Afghanistan untuk Jokowi

Keberanian Presiden Jokowi diakui oleh dunia internasional yaitu Afghanistan. Pemerintah negara itu memberi Jokowi penghargaan Khazi Amanullah Khan Medal atau medali penghargaan tertinggi atas keberaniannya dalam upaya perdamaian dunia, termasuk di Afghanistan.

"Presiden Afganistan memberikan medali tertinggi kepada Presiden Jokowi, yaitu penghargaan medali tertinggi untuk keberanian atas upaya perdamaian dunia, termasuk di Afganistan," tulis Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam akun Twitternya, Selasa (30/1/2018).

 

3 dari 5 halaman

Jokowi Wali Kota Terbaik Ketiga di Dunia

Pada tahun 2013 lalu, Jokowi meraih penghargaan wali kota terbaik ketiga di dunia 'World Mayor Project 2012'. Penghargaan itu saat Jokowi masih menjadi wali kota Surakarta.

Dari sepuluh besar nama wali kota di penjuru dunia, Jokowi masuk peringkat tiga, di bawah Azkuna Wali Kota Bilbao Spanyol dan Lisa Scaffidi Wali Kota Perth Australia.

World Mayor Project menyebut Jokowi berhasil mengubah Surakarta dari kota yang banyak tindak kriminal menjadi pusat seni dan budaya. Perubahan itu sukses menjadi daya pikat turis internasional untuk datang ke sana.

 

4 dari 5 halaman

Prabowo Dapat Penghargaan The Star of Soekarno

Pada 17 Agustus lalu, bakal capres Prabowo Subianto dianugerahi penghargaan The Star of Sukarno oleh Pendiri Yayasan Pendidikan Sukarno, Rachmawati Soekarnoputri.

Penghargaan ini diberikan lantaran Prabowo dinilai berdedikasi dalam menegakkan keadilan, kemanusiaan, dan demokrasi di Indonesia.

Penghargaan yang sama juga pernah diberikan kepada nama-nama besar di dunia internasional.

"Penghargaan serupa pernah saya berikan kepada mantan (saat itu) PM Malaysia, yaitu Mahathir Mohamad, Kepada Presiden Hugo Chaves, kepada pemimpin besar Kim Jong-Un, kepada pemimpin besar Fidel Castro, dan seterusnya," kata Rachmawati di kampus Universitas Bung Karno (UBK).

 

5 dari 5 halaman

Penghargaan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto merupakan mantan Danjen Kopassus. Saat di dunia militer, Prabowo termasuk orang yang berprestasi. Hal ini terlihat dari beberapa penghargaan yang pernah diraih.

Salah satunya ialah Penghargaan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya. Penghargaan ini merupakan tanda kehormatan yang dikeluarkan oleh TNI Angkatan Darat Republik Indonesia untuk anggota korpsnya di bidang militer yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

Reporter : Desi Aditia Ningrum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Merdeka.com