Sukses

Survei Alvara: Sandiaga Uno Lebih Populer Dibandingkan KH Ma'ruf Amin

Menurut dia, Ma'ruf Amin yang merupakan Rais Aam PBNU dipersepsikan sebagai tokoh yang religius. Sementara, Sandiaga Uno dipersepsikan sebagai tokoh muda dan komunikatif.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Alvara Research Center merilis hasil survei terkait tingkat popularitas bakal calon wakil presiden (cawapres) KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Dari tingkat popularitas, Sandiaga Uno lebih unggul dibandingkan Ma'ruf Amin.

"Untuk cawapres, Sandiaga Uno sedikit lebih populer 90,3 persen dibandingkan dengan KH Ma’ruf Amin yang besarannya 86,5 persen," ujar CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali di Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018).

Menurut dia, Ma'ruf Amin yang merupakan Rais Aam PBNU dipersepsikan sebagai tokoh yang religius. Sementara, Sandiaga Uno dipersepsikan sebagai tokoh muda dan komunikatif.

"Dari sisi citra Capres dan Cawapres, masing-masing capres dan cawapres memiliki citra dan dan diferensiasi yang kuat. Selanjutnya, jika Ma’ruf Amin dipersepsikan relijius atau agamis dan jujur, Sandiaga Uno dipersepsikan sebagai tokoh muda dan komunikatif," jelas Hasanuddin. 

Survei ini digelar pada 12 hingga 18 Agustus 2018. Riset ini menggunakan multi-stage random sampling dengan melibatkan 1.500 responden berusia 17 tahun ke atas.

Sampel diambil di seluruh provinsi di Indonesia, dengan jumlah sampel tiap provinsi proporsional terhadap jumlah penduduk. Rentan margin of error sebesar 2,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 * Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.