Sukses

Gubernur Sulut: Presiden Jokowi Perhatikan Kesejahteraan Veteran

Kenaikan tunjangan ini, lanjut dia, adalah bukti kehadiran pemerintah yang sangat memperhatikan para veteran.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengapresiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan sebesar 25 persen.

"Kenaikan tunjangan kehormatan veteran tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 2018 yang ditandatangani Presiden Jokowi pada 18 Juli 2018," kata Gubernur Olly saat beramah tamah dengan veteran usai upacara ulang tahun ke- 73 proklamasi kemerdekaan RI di Manado, Jumat (17/8/2018).

Kenaikan tunjangan ini, lanjut dia, adalah bukti kehadiran pemerintah yang sangat memperhatikan para veteran. Ramah tamah ini, kata Gubernur, sebagai wahana untuk menunjukkan penghormatan kepada para perintis kemerdekaan dan keluarganya serta para veteran di daerah ini.

"Ini juga menjadi momentum bagi kami generasi penerus untuk menjaga hubungan emosional, serta kekeluargaan dengan para keluarga pahlawan, dan para veteran," ujar dia seperti dilansir Antara.

Kemerdekaan yang dinikmati masyarakat saat ini diperoleh melalui keringat, darah, dan air mata, bahkan nyawa para pahlawan serta veteran pejuang kemerdekaan.

"Para pahlawan dan para veteran, senantiasa mendapatkan tempat dan penghormatan tersendiri dalam lembaran sejarah bangsa maupun dalam struktur kehidupan sosial masyarakat Indonesia, mereka adalah suri teladan, tokoh yang dihormati," ujarnya.

Veteran, tambah Gubernur adalah sosok bagi generasi penerus untuk terus belajar, menimba pengalaman dan wawasan terkait jiwa patriotisme dan semangat perjuangan.

Gubernur menambahkan, Pemprov Sulut berencana merenovasi markas Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulut di Bumi Beringin pada 2019.

Di awal pertemuan, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menyerahkan tanda kehormatan bintang LVRI kepada Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw karena dinilai telah membaktikan diri dalam mengisi kemerdekaan, serta memberikan bantuan kepada seluruh veteran yang mengikuti kegiatan ramah tamah.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.