Sukses

Gelombang Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin dari Banten

Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin, terus mengalir dari Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin, terus mengalir dari Banten. Deklarasi dukungan antara lain berasal dari Kabupaten Lebak, Kota Cilegon (dari Koordinator Besar Relawan Jokowi Banten), dan dari Kota Serang (jawara dan ulama, serta Sekretariat Bersama Relawan Jokowi Banten).

"Kita akan terus melakukan gerakan-gerakan rekrutmen terhadap masyarakat ke arus bawah. Target suara di Banten minimal 70 persen," kata Ketua Dewan Pebina Forum Bintang Sembilan WALI, Matin Sarkowi, di Serang, Minggu (12/8/2018).

Menurut pengampu Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Fataniyah itu, dipilihnya Ma'ruf Amien menjadi pendamping Jokowi merupakan kegembiraan tersendiri bagi warga Banten.

Sebab, Ma'ruf Amin merupakan putra asli Bumi Seribu Kiai Sejuta Santri itu yang juga cicit dari Syaikh Nawawi al-Bantani.

"Strategi (memilih) KH Ma'ruf Amin menjawab tantangan isu SARA, masyarakat bisa membuka mata hatinya, selama ini tuduhan tuduhan ke Jokowi anti-Islam dan sebagainya terjawab," ujar Matin soal Jokowi-Ma'ruf Amin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pecah Belah Bangsa

Koordinator ponpes salafi di Banten itu menilai, jika masih ada yang menggunjing kehadiran Jokowi bersama Ma'ruf, berarti sedang mengancam keutuhan NKRI.

"Apabila dalam hal ini masih ada isu berbau SARA terhadap Jokowi, tentu itu sesuatu yang tidak normal. Berarti orang-orang yang membuat SARA adalah yang memecah belah bangsa, yang belum tentu juga ke sebelah (Prabowo-Sandi)," kata Matin.

Sementara itu, pada 6 Juni 2018, Charta Politica merilis hasil surveinya. Dalam surveinya, Jokowi meraih suara 26,9 persen di Banten. Sedangkan Prabowo, meraih suara 28,5 persen.

Survei yang dilakukan pada 23-29 Mei 2018 melalui wawancara kepada 800 responden di Banten itu, juga dilakukan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen untuk Banten, dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Yandhi Deslatama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.