Sukses

Detik-Detik Koalisi Jokowi Berbelok Tajam dari Mahfud MD ke Ma'ruf Amin

Terpilihnya Ma'ruf Amin ini sempat mengejutkan banyak pihak.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi resmi menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya di Pilpres 2019 mendatang.

Terpilihnya Ma'ruf Amin ini sempat mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, sebelumnya nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md mencuat sebagai calon kuat cawapres Jokowi.

Kabar kepastian dipilihnya Ma'ruf Amin menjadi cawapres Jokowi ini sebelumnya sempat diisyaratkan oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Saat ditanya apakah akan legawa jika tak dipilih menjadi cawapres oleh Jokowi, Cak Imin mengatakan tetap bergabung ke koalisi Jokowi.

Dia pun menyebut tetap "Join" tanpa menjelaskan apakah "Join" yang dimaksud merupakan singkatan dari Jokowi-Muhaimin yang selama ini disuarakan olehnya saat berkampanye sebagai bakal cawapres Jokowi, atau "Join" yang dimaksud merupakan singkatan Jokowi Ma'ruf Amin

"Tetap bergabung. Bahasa Inggrisnya tetap bergabung apa? Join," kata Cak Imin.

Cak Imin menegaskan, PKB tidak ada niatan untuk hengkang dari koalisi pendukung Jokowi.

"Lah, emang pernah ada rencana pindah. Yang penting kita join dulu," tegas Cak Imin sambil berlalu meninggalkan wartawan menuju ruang rapat bersama ketum parpol koalisi lainnya.

Tak lama setelah pernyataan Cak Imin, pada pukul 17.40 WIB, Sekjen DPP PKB Abdul Kadir Karding menyebut Jokowi memilih Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin sebagai cawapres.

Hal itu diungkapkan Karding dalam akun Twitternya @Kadir_Karding.

"Rapat antara pak @jokowi dan ketum2 , sekjen partai pendukung memutuskan Prof Dr Kh Ma’ruf amin sebagai calon wapres pak jokowi," ucap Karding.

Dalam unggahan yang disertai foto itu, Karding tampak berpose di depan Jokowi yang sedang menandatangani sebuah dokumen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deklarasi 9 Ketum Parpol

Tak lama setelah posting-an itu diunggah Karding, Jokowi bersama sembilan ketua umum parpol koalisi memberi keterangan pers. Tepat pukul 18.20 WIB, Jokowi resmi menyatakan kembali maju sebagai calon presiden.

Dia juga mengumumkan KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya.

"Saya memutuskan dan telah mendapatkan persetujuan dari partai-partai koalisi, yaitu Koalisi Indonesia Kerja bahwa yang akan mendampingi saya sebagai cawapres periode 2019-2024 adalah Profesor Doktor Ma'ruf Amin," kata Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) malam.

Deklarasi ini menyudahi banyak spekulasi yang berkembang selama ini tentang sosok yang akan dipilih Jokowi sebagai cawapres. Pilihan Jokowi akhirnya berlabuh pada Ketua MUI tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.