Sukses

Syarat Parpol Jika Ingin Gabung ke Koalisi Jokowi

Puan menegaskan ada syarat yang harus dipenuhi oleh parpol yang akan bergabung dengan koalisi Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi PDI Perjuangan Puan Maharani memastikan partai politik koalisi pendukung Joko Widodo atau Jokowi masih membuka pintu bagi partai lainnya yang ingin bergabung, termasuk Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun, Puan menegaskan ada syarat yang harus dipenuhi oleh parpol yang akan bergabung, yaitu komitmen kebersamaan.

"Kan politik itu dinamis. Kemudian bisa saja segala sesuatu itu berubah. Cuma yang pasti kan harus ada komitmen kebersamaan, sesuai dengan parpol yang memang akan kita lakukan setelah terjadi koalisi tersebut," kata Puan di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Menurut Puan, komunikasi politik dengan parpol lainnya masih terus dilakukan, termasuk dengan PAN. Partai pimpinan Zulkifli Hasan sendiri hingga saat ini masih belum memutuskan arah politiknya, padahal batas waktu pendaftaran capres besok akan ditutup.

"Pastilah ada komunikasi sama PAN. Secara informal pasti PDI Perjuangan melakukan komunikasi dengan semua partai politik. Walaupun enggak muncul di media atau mungkin enggak terlihat di layar media. Pasti ada komunikasi," terang Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Bangun Koalisi

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan tengah fokus membangun koalisi di Pilpres 2019. Ia menyampaikannya saat meninggalkan kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Rabu (8/8/2018) malam.

Menurutnya ada peta Pilpres baru yang menarik. Pembahasan kesepakatan koalisi diperkirakannya juga berlangsung panjang.

"Sekarang yang penting itu soal koalisi ya. Ini kan detik-detik akhir ini perkembangannya menarik. Lagi kita ikuti perkembangannya dinamis," katanya.

Ia menyatakan koalisi masih sangat cair. Belum ada satu partai pun yang menyerahkan dukungan resmi kepada calom presiden.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.