Sukses

Jokowi Pastikan Koalisinya Terbuka untuk Partai Lain

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan koalisi partai pendukungnya tetap terbuka bagi parpol lain.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan koalisi partai pendukungnya tetap terbuka bagi parpol lain. Hal itu disampaikannya jelang pendaftaran peserta Pilpres 2019.

"Kami ini selalu terbuka," kata Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tidak mempermasalahkan apabila koalisi pendukungnya semakin gemuk. Dia membuka pintu jika ada partai lain yang bergabung dalam waktu dekat.

"Kalau gemuk, asal sehat, enggak apa-apa," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkfli Hasan bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Agustus. Sembilan partai politik pendukung Jokowi pun membuka pintu untuk PAN bergabung.

"Kami memberi kesempatan kepada partai mana pun yang ingin bergabung, yang istilah saya mungkin perundingan di sana. Di sebelah cintanya bertepuk sebelah tangan, misalnya barangkali di sana ceritanya sad ending," ujar Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy usai mendampingi Jokowi di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/8/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Sulit Memutuskan

Romi menilai, PAN masih sulit memutuskan akan bergabung karena masih dalam pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Apalagi, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais kerap mengkritik pemerintahan Jokowi dengan keras.

"Yang mempertimbangkan tentu partai tersebut sampai sekarang masih galau gerak barangkali karena narasi-narasi yang dibangun selama ini narasi oposisi oleh seluruh pimpinan partai. Kemudian, agak sulit ngeremnya karena gasnya terlalu kencang jadi ngeremnya harus turun gigi," ucap Romi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.