Sukses

Genggaman Erat Tangan Jokowi pada 4 Ulama, Siapa Saja?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki kedekatan dengan tokoh agama, terutama ulama-ulama Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki kedekatan dengan tokoh agama, terutama ulama-ulama Tanah Air. Kedekatan itu terlihat dengan seringnya Presiden Jokowi mengundang mereka ke Istana, atau sebaliknya menghadiri undangan mereka.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menggandeng erat tangan para ulama tersebut saat berjalan. Siapa saja? Berikut empat ulama yang tangannya digenggam erat Jokowi saat berjalan:

1. Habib M Luthfi Bin Yahya

 

Kedekatan Presiden Jokowi dengan Habib M Luthfi Bin Yahya tergambar dalam foto yang diunggah Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjroel Rahman, dalam akun Twitternya @fadjroel saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H bersama Habib Luthfi di Gedung Kanzus Sholawat, Pekalongan, Jawa Tengah. Acara itu digelar pada Minggu, 8 Januari 2017 lalu.

Dalam foto tersebut tergambar jelas Jokowi yang mengenakan sarung merah marun dengan jas hitam serta berpeci itu tampak tersenyum. Jemari tangan sang Presiden menggenggam erat jari Habib Luthfi saat berjalan di atas karpet merah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. KH Masbuhin Faqih

Saat berkunjung ke Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin di Gresik, Jawa Timur, Presiden Jokowi menggelar pertemuan tertutup dengan pengasuh ponpes, KH Masbuhin Faqih, pada Kamis, 8 Maret 2018.

Jokowi terlihat sangat akrab dengan KH Masbuhin Faqih. Dia juga terlihat menggandeng tangan KH Masbuhin Faqih saat berjalan dan melakukan foto bersama.

 

3 dari 4 halaman

3. KH Maimun Zubair

Presiden Jokowi terlihat menggenggam tangan Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimun Zubair saat menghadiri acara zikir kebangsaan dan peresmian pembukaan Rapat Kerja Nasional I Majelis Dzikir Hubbul Wathon di Gedung Serbaguna 2, Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur pada Rabu, 21 Februari 2018.

Tangan KH Maimun Zubair digenggam saat berjalan menuju panggung utama yang didampingi oleh KH Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin berserta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

 

4 dari 4 halaman

4. KH Ma'ruf Amin

Peristiwa ini terjadi saat Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin acara zikir dan doa bersama yang digelar di halaman Istana Merdeka, Jakara, Rabu (1/8). Acara ini merupakan rangkaian HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejumlah ulama hadir salah satunya Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin.

Saat memasuki pelataran Istana Negara, Jokowi dengan sangat hati-hati menggenggam tangan KH Ma'ruf saat hendak menuruni anak tangga. Kedekatan Jokowi dangan ketua MUI bukan kali ini, beberapa kali Jokowi secara khusus mengundang KH Ma'ruf untuk sekadar berdiskusi mengenai permasalahan bangsa.

 

Reporter: Syifa Hanifah

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.