PAN Putuskan Berpisah dari Koalisi Jokowi di Pilpres 2019

Oleh Liputan6.com pada 25 Jul 2018, 15:22 WIB
Diperbarui 31 Jul 2018, 10:15 WIB
Jalin Silaturahmi, Jokowi dan Zulkifli Hasan Buka Puasa Bersama

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut partainya sudah bertekad berjuang memenangkan calon presiden di luar kubu Joko Widodo di Pilpres 2019. Nantinya sikap resmi akan disampaikan pada rapat kerja nasional bulan Agustus.

"PAN telah melakukan ijtihad politik untuk mengambil jalur perjuangan di luar petahana. Nanti akan disampaikan di rakernas. Sekitar awal Agustus. Sebelum tanggal 10," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2018).

Senin lalu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga telah bertemu Jokowi di Istana Bogor. Viva mengatakan, pertemuan membahas koordinasi jelang sidang tahunan MPR dan Zulhas sebagai Ketua MPR berbincang soal rancangan usulan Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

"Kedua, juga bicara soal pilpres. Hubungan antara bang Zulkifli Hasan dengan Pak Jokowi dari dulu hingga sekarang, kan, bagus. Tapi PAN telah melakukan ijtihad politik untuk berjuang di luar petahana," tuturnya.

"Saya rasa sudah (disampaikan kepada Jokowi soal itjihad politik)," ujar Viva.

Sementara, soal kader PAN yang masih berada di kabinet Jokowi, yakni Menteri PAN - RB Asman Abnur, PAN menyerahkan keputusan kepada Jokowi akan diberhentikan. Asman Abnur juga maju jadi caleg DPR RI 2019.

"Pemilu presiden dan pemilu legislatif kan berbeda. PAN telah mewakafkan salah satu kader terbaiknya, yaitu Saudara Asman Abnur sebagai Menpan RB. Nanti tergantung kepada presiden, karena ini merupakan pemilu presiden yang berbeda dengan pemilihan legislatif," Viva menandaskan.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: