Sukses

Masuk Bursa Cawapres Jokowi, Said Aqil Dapat Dukungan Kiai NU

Aminullah mengatakan pihaknya memilih mendukung Said Aqil dibanding tokoh NU lain seperti Muhamin Iskandar alias Cak Imin.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj masuk bursa survei calon wakil presiden 2019. Dirinya juga masuk nominasi cawapres Joko Widodo.

Dukungan terhadap Said Aqil pun mulai bermunculan dari warga Nahdliyin, Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Jambi KH Aminullah Amit mendorong Jokowi mempertimbangkan Said Aqil menjadi cawapresnya di Pilpres 2019.

Aminullah mengungkapkan, PBNU seluruh Indonesia telah mengadakan pertemuan di Pekanbaru. Dalam pertemuan, Aminullah mengusulkan nama Said Aqil menjadi cawapres Jokowi.

"Pertemuan di Pekanbaru bincang-bincang akhirnya terakumulasi tepatnya siapa, Capres Jokowi, NU jelas mendukung Jokowi. Tapi siapa Cawapresnya? Nah jadi pada waktu itu PWNU Jambi saya katakan bahwa NU ini sudah besar, ya katakanlah NU organisasi anggotanya saja hampir 90 juta, NU seluruh Indonesia dan diluar negeri pun juga," katanya saat dihubungi, Senin (16/7).

"Lalu intinya mengapa kita tidak mengusulkan, menyodorkan kepada Jokowi, Kyai Haji Said Aqil Siraj bisa mendampingi beliau," sambungnya.

Aminullah menuturkan,pihaknya juga menyampaikan bahwa satu satunya tokoh perwakilan NU adalah Said Aqil Siradj. Lantas usulan itu di aspirasikan ke NU daerah Lampung. Daerah Lampung pun setuju bahwa Said Aqil ideal mendampingi Jokowi.

"Sesudah itu kemarin di Lampung waktu itu kita matangkan kembali pertemuan NU di Lampung, nah di Lampung di awal kemarin itu tanggal 2 Juli pun juga kita ke PBNU Jambi tetap mengusulkan bahwa Kyai Said Aqil Siraj yang patut untuk mendampingi pak Jokowi," tutur dia. .

Aminullah menambahkan, pihaknya tetap mendukung Said Aqil dibanding tokoh NU lain seperti Muhamin Iskandar alias Cak Imin. Meski demikian, dia menyadari jika Cak Imin punya kekuatan karena memimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga berbasis NU.

"Yang jelas bahwa NU terutama Jambi tetap mengusung satu satunya Kyai Haji Said Aqil Siraj, kita tidak menafikan kalau memang Cak Imin kan dia ketua partai PKB ya, silahkan aja kalau PKB mengusung dia," ucap dia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei SMRC

Dalam survei cawapres Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) nama Said Aqil masuk posisi teratas bersama Mahfud MD dan Sri Mulyani.

Survei itu memiliki responden elite, pembuat opini atau opinion leader dan media massa pemilih nasional. Penilaian survei berdasarkan penilaian kapabilitas, integritas, empati, akseptabilitas, kontinuitas.

Mahfud MD di posisi pertama (7,2), Sri Mulyani di posisi kedua (7), Said Aqil menempati posisi ketiga dengan skor 6,3, lalu Airlangga Hartarto di posisi keempat (6,1) dan Zainul Majdi (6,1).

Said Aqil pun mengatakan sampai saat ini belum ada partai politik yang berusaha meminang dirinya jadi cawapres. "Belum. Belum ada," kata Said Aqil ditemui usai acara Halal Bihalal PP Muslimat NU di Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (8/7).

Dia juga menampik jika PBNU telah memberikan dukungan terhadap Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Cawapres Jokowi. Dia menyebut hal itu untuk mendoakan saja.

"Sebenarnya bukan dukung. Bukan. Cak Imin datang. Kita merestui dan mendoakan saja bahasanya. Mendoakan berhasil," ucap dia. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.