Sukses

Saiful Mujani: Hasil Pilkada Tak Ada Kaitannya dengan Pilpres 2019

Faktor tokoh-tokoh yang akan berkontestasi di Pilpres dan terekspos ke publik akan menjadi penentu masyarakat dalam Pilpres 2019 nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Saiful Mujani mengatakan, terlalu sederhana bila mengaitkan hasil Pilkada Serentak 2018 dengan Pilpres 2019.

"Terlalu menyederhanakan masalah, mengaitkan Pilpres dengan Pilkada tahun ini. Pilpres adalah satu hal, Pilkada adalah hal lain," kata Saiful Mujani dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Rabu (27/6/2018).

Dia mencontohkan, bila berkaca pada Pemilu 2014, seharusnya kemenangan Pilkada di Jabar diraih pasangan Sudrajat-Syaiku, namun kenyataannya tidak demikian. Hasil yang didapat dalam hitung cepat Pilkada kali ini, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum unggul.

Faktor tokoh-tokoh yang akan berkontestasi di Pilpres dan terekspos ke publik, Saiful menambahkan, akan menjadi penentu pilihan masyarakat di Pilpres nanti.

"Saya tidak melihat faktor yang sangat penting, efek dari Pilkada terhadap Pilpres," beber Saiful.

Bagaimana penjelasan lengkap Saiful Mujani? Saksikan di video berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.