Gerindra Optimistis PKS-PAN Tetap Bergabung Meski Ada Wacana Anies-Aher

Oleh Liputan6.com pada 26 Jun 2018, 08:25 WIB
PHOTO: Gerindra, PAN, dan PKS Sepakat Koalisi di Pilkada Serentak 2018

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan partainya menanggapi santai rencana PKS menduetkan Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019. Saat ini Gerindra hanya fokus melakukan penjajakan koalisi dengan PKS dan PAN.

"Kami sih tetap memprioritaskan bagaimana bisa menggabungkan koalisi prioritasnya adalah Gerindra, PKS, PAN baru dengan partai-partai yang belum mendeklarasikan dukungannya kepada siapa," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Dia beranggapan, wacana duet Anies-Aher baru dimunculkan oleh salah satu kader PKS, bukan sikap resmi dari partai. Gerindra optimistis PKS masih akan menjadi mitra koalisi untuk mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

"Ya itu kan belum merupakan suara resmi. Artinya itu baru salah satu orang. Saya kira wajar jugalah orang punya pendapat masing-masing," tandas Fadli.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera mengklaim opsi nama Anies Baswedan-Ahmad Heryawan menjadi calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2019 bukan imbas dari sikap Gerindra mengusulkan nama Prabowo Subianto-Anies Baswedan.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid mengatakan, partainya tak mempersoalkan sikap Gerindra melempar opsi Prabowo-Anies.

"Jadi bukan konfrontasi dari Gerindra yang mengusulkan Prabowo-Anies, tapi tentu juga enggak dilarang kan kalau ada yang mewacanakan Anies-Aher. Ya biasa saja, jangan dibaperin," kata Hidayat.

Dia mengungkapkan, munculnya opsi Anies-Aher berasal dari aspirasi kader PKS. Keputusan akhir soal opsi tersebut akan diputuskan usai Pilkada Serentak 2018.

Reporter: Renald Ghiffari

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.