Sukses

Amien Rais: Poros Ketiga Mustahil Terbentuk, Biarkan Jokowi-Prabowo Saja

Amien Rais menyebut, pertarungan Pilpres 2019 hanya akan diikuti oleh Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengatakan, pembentukan poros ketiga di Pilpres 2019 mustahil terjadi. Dia melihat pertarungan Pilpres 2019, hanya akan diikuti oleh Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto.

"Berdasarkan analisa memang nanti poros ketiga itu mustahil, kemungkinan ada dua kan rematch, jadi nanti Pak Jokowi mencari cawapres yang nendang, Pak Prabowo juga, biarkanlah nanti ini berdua secara gentle," kata Amien di gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Dia menambahkan, pesta demokrasi di 2019 ini harus dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia (luber), serta jujur dan adil (jurdil). Kedua kandidat dan partai harus menerima hasil secara sportif.

"Kita amati terus Pileg, Pilpres, jangan sampai ada permainan di luar luber jurdil, jadi kalau nanti yang menang ya sudah itu memang haknya, berarti milih dia. Yang kalah juga puas emang nggak dipilih," tutur mantan Wakil Ketua MPR ini.

Dia juga mengingatkan petahana, Presiden Jokowi, untuk tidak mengintervensi pesta demokrasi tersebut. Menurutnya, sistem demokrasi harus diterapkan dengan profesional.

 

Reporter: Muhammad Genantan

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.