Hanafi Rais Optimistis Ada Capres di Luar Prabowo dan Jokowi di 2019

Oleh Merdeka.com pada 29 Mar 2018, 17:52 WIB
Diperbarui 29 Mar 2018, 17:52 WIB
Putra Amien Rais Beri Prototipe Becak Listrik untuk Anies
Perbesar
Putra Amies Rais yang juga anggota DPR RI Hanafi Rais (kiri) mengayuh becak listrik di Jakarta, Minggu (11/3). Hanafi menyatakan, dinamo pada becak tersebut dapat menempuh jarak 40 kilometer dalam sekali mengisi daya. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) masih ingin membentuk poros ketiga di luar Jokowi dan Prabowo Subianto di Pilpres 2019. PAN tengah melakukan penjajakan koalisi dengan Demokrat dan PKB.

Wakil Ketua Umum PAN, Hanafi Rais optimis koalisi poros ketiga bisa terbentuk. Pasalnya dinamika politik terus berkembang dan berbagai kemungkinan bisa terjadi.

"Kalau di politik itu kalau terkait poros ketiga semuanya serba mugkin. Mau calonnya cuma dua ya mungkin. Calonnya nanti muncul tiga juga mungkin. Atau ternyata tiba-tiba dari arah mana keputusan berubah lagi nol persen, akhirnya bisa mungkin juga," terangnya di ruang Fraksi PAN, Kompleks Parlemen Senayan, JakartaPusat, Kamis (29/3).

PDIP, Golkar, NasDem, Hanura dan PPP telah deklarasi dukung Jokowi. Koalisi ini hanya tinggal menentukan cawapresnya. Di sisi lain, Gerindra dan PKS tinggal menunggu jawab dari Prabowo mau tidaknya maju di Pilpres tahun depan.

Hanafi mengatakan, keputusan politik parpol khususnya yang belum menetapkan arah koalisi akan terlihat dalam waktu dekat. Pembentukan poros ketiga juga masih sangat mungkin terwujud.

"Jadi semuanya serba mungkin dan waktunya juga sudah tidak lama. Artinya dalam beberapa bulan ke depan ada proses politik yang lebih jelas terkait koalisi yang dibangun antara parpol maupun capres dan cawapres yang akan diusung partai-partai," paparnya.

"Kemungkinan (poros ketiga) itu selalu ada. Mau tiga, dua atau yang lain dan kita lihat sampai dengan nanti," sambungnya.

 

2 dari 2 halaman

Politik Selalu Cair

PAN Mendaftar ke KPU
Perbesar
Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais didampingi Sekjen Eddy Soeparno menyerahkan berkas pendaftaran partai kepada Ketua KPU Arief Budiman di KPU Pusat, Jakarta, Jumat (13/10). PAN secara resmi mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN, Drajad Wibowo menyampaikan, setiap menjelang penentuan calon apakah calon dalam Pilkada atau calon dalam Pilpres, politik selalu cair. Arah dukungan bisa bergeser dan berputar ke mana pun.

Drajad mengatakan, saat ini semua pimpinan partai tengah berkomunikasi satu sama lain. "Semua pimpinan parpol saling berbicara satu sama lain," kata mantan Anggota DPR RI ini. 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓