Sukses

Kader Milenial Menang Pilkada, Bapilu Golkar: Pak Airlangga Beri Kepercayaan ke Anak Muda

Munculnya kader-kader muda sebagai pemimpin kepala daerah di Golkar merupakan sebuah terobosan besar di bawah kepemimpinan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar sudah bertransformasi menjadi partai milenialis. Banyak kaum muda dan kader-kader milenial diusung Golkar ke panggung politik Indonesia. Di Pilkada 2020 ini Partai Beringin juga mengusung banyak anak muda di sejumlah daerah pemilihan. Bahkan di beberapa daerah, kader atau tokoh muda yang diusung Golkar sukses memenangi Pilkada 2020.

“Ini menjadi bukti jika Golkar memberikan kepercayaan besar dan kesempatan seluas-luasnya kepada kader muda untuk maju menjadi pemimpin daerah,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Maman Abdurahman dalam keterangannya, Kamis (17/12/2020).

Munculnya kader-kader muda sebagai pemimpin kepala daerah di Golkar merupakan sebuah terobosan besar di bawah kepemimpinan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Kepemimpinan Pak Airlangga memberi peluang dan kepercayaan kepada kader-kader muda Partai Golkar," ujar Maman Abdurahman.

Dia juga menambahkan, Airlangga Hartarto merupakan sosok pemimpin partai yang berani mengambil resiko. Namun dengan perhitungan politik yang tepat atau "scientific politics", sehingga hasilnya optimal seperti yang sudah dikalkulasikannya.

Sedangkan menurut guru besar Fakultas Hukum, Universitas Katolik Parahyangan Asep Warlan Yusuf, Golkar adalah partai yang tidak pernah kehabisan kader karena sistem regenerasi dan kaderisasinya baik. “Kemenangan kader muda Golkar itu menunjukkan kaderisasi yang digalang Airlangga Hartarto berjalan baik di pusat dan daerah,” kata Asep.

Ke depan Golkar diyakini terus membuka kesempatan besar bagi kaum milenialis untuk bergabung dan mewujudkan impian mereka di panggung politik nasional.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kader Muda Golkar

Dalam pilkada 2020, pasangan Adnan Purichta Ichsan (Golkar) dan Abdul Rauf Malaganni (Adnan-Kio) menang hingga 92 persen melawan kotak kosong di Pilkada Gowa 2020. Adnan adalah kader Golkar yang baru berusia 34 tahun.

Tak hanya di Gowa, Golkar juga mengusung kader muda Dico Ganinduto. Pasangan Dico dan Windu Suko Basuki maju di Pilkada Kab. Kendal. Paslon nomor urut 1 ini mendapat 49,2 persen atau 279.575 suara.

Dico (Golkar)-Windu mengalahkan dua pasangan lainnya yang lebih senior. Dico yang baru berusia 30 tahun sejak 19 Februari lalu, merupakan salah satu calon bupati termuda. Ia bahkan lebih muda dari calon Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang berusia 33 tahun.

Selain itu ada pula Arif Sugiyanto calon bupati dari Golkar yang berusia 43 tahun juga memenangi Pilkada di Kebumen. Arif yang berpasangan dengan Ristawati Purwaningsih menang sebagai calon tunggal di Kebumen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.