Sukses

Menang di 5 Pilkada Sutra, PDIP Ubah Peta Politiknya

Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan hasil hitung cepat dan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), sejauh ini partainya memenangkan lima dari tujuh Pilkada 2020.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan hasil hitung cepat dan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN), sejauh ini partainya memenangkan lima dari tujuh Pilkada 2020 di Sulawesi Tenggara.

"Hasil ini merupakan kejutan sekaligus kabar gembira bagi PDI Perjuangan. Kemenangan tersebut muncul karena kekuatan Partai dibantu figur calon yang bekerja dilandasi semangat gotong royong sehingga bisa meyakinkan warga Sultra," kata Hasto dalam keterangannya, Jumat (11/12/2020).

Dia menuturkan, Sultra sangat dikenal sebagai basis PAN dan Partai Golkar. Sehingga, Pilkada 2020 ini membuat peta politik PDIP berubah.

"Jadi berdasarkan hasil Pilkada 2020 di Sultra, akan terjadi pergeseran peta politik di Sultra. Dominasi PAN bergeser ke PDI Perjuangan. Satu pilkada yang paling mengejutkan adalah di Kabupaten Wakatobi. Setelah sempat lepas dari PDIP kini kader PDIP akan kembali pimpin Wakatobi," jelas Hasto.

Selain Wakatobi PDIP memenangi juga Muna, Kolaka Timur, Konawe Utara, juga Konawe Kepulauan. Dan ini kemenangan yang luar biasa bagi partainya.

"Kemenangan ini semakin sempurna karena pada lima pilkada Sultra PDIP mengusung kader murni," kata Hasto.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Pantau

Dia menuturkan, telah melaporkan hasil ini kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Respons Ibu Megawati, supaya Partai mengawal proses penghitungan hingga keluar keputusan resmi KPU. Jangan sampai terjadi pergesekan antarsesama pendukung calon kepala daerah," jelas Hasto.

Dia juga menyampaikan pesan Megawati untuk tetap menjaga kepercayaan masyarakat Sultra.

"Ibu Megawati juga menitip pesan, kepercayaan masyarakat Sultra agar dijaga dengan sebaik-baiknya dan setelah dilantik agar mereka segera bekerja untuk rakyat. Melalui berbagai kebijakan pro rakyat apalagi ditengah pandemi Covid-19," kata Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.