Sukses

Hasto Soal Kader PDIP Menangkan 11 Pilkada di Jatim: Bukti Arahan Ibu Mega Baik

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto gembira kader murninya menang di Pilkada 2020 Jatim.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan laporan terakhir dari pemantuan hitung cepat serta dari Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) partainya, 11 dari 19 Pilkada 2020 di Jatim dimenangkan oleh partai berlambang banteng bermoncong putih ini.

Dirinya mengapresiasi seluruh pengurus, kader, dan para simpatisan PDIP serta para masyarakat Jawa Timur yang mempercayakan pilihannya kepada para kader murni partainya di Pilkada 2020.

"Jadi kami tak sekadar menjadi pengusung. Namun kader murni PDI Perjuangan memang benar-benar menjadi kepala daerah karena memenangkan pilkada kali ini," kata Hasto, Kamis (10/12/2020).

Dia menegaskan, Pilkada 2020 ini menjadi bukti arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait kaderisasi berjalan dengan baik.

"Pilkada 2020 ini menjadi bukti bahwa proses kaderisasi PDI Perjuangan yang seperti diamanahkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri terus berjalan dengan baik," ungkap Hasto.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Bergembira

Hasto memberi contoh kader murni yang lolos. Seperti Pilkada Sumenep yang berhasil adalah Ahmad Fauzi yang merupakan Ketua DPC PDIP Sumenep. Kemudian di Malang, Wakilnya Didik Gatot Subroto merupakan Ketua DPC PDIP Malang. "Kabupaten Malang setelah 10 tahun kembali ke PDI Perjuangan," jelas dia.

Karena itu, Hasto menegaskan, partainya sangat gembira melihat hasil Pilkada 2020 terutama di Jawa Timur.

"Kami sangat gembira karena kemenangan kader murni PDI Perjuangan seperti ini, akhirnya turut juga menaikkan angka persentase kemenangan bagi partai politik lain," kata dia.

Berikut kader lainnya selain di Pilkada Sumenep dan Malang. Diantaranya di Pilkada Surabaya, wakil kepala daerahnya Armudji yang merupakan Anggota DPRD Jatim dari PDIP. Lalu di Gresik wakilnya Aminatun Habibah merukan Pengurus Bamusi PDIP Gresik.

Di Banyuwangi, wakilnya Sugirah merupakan Bendahara DPC PDIP Banyuwangi. Situbondo, Calon Bupatinya Karna S yang merupakan fungsionaris DPC PDIP. Lalu di Blitar Ada Santoso petahana yang kader PDIP. Serta Kediri ada Hanindhito Himawan Praman kader muda PDIP.

Di Trenggalek, Calon Bupatinya yang menang Nur Arifin merupakan Ketua DPC PDIP Trenggalek. Ponorogo Sugiri Santjoko dan Lisdyarita sama-sama kader PDIP. Demikian pula di Ngawi, Ony Anwar dan pasangannya Dwi Ritanto Jatmiko juga kader murni PDIP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.