Sukses

Pilkada 2020, Nasdem Klaim Menang di 132 Daerah

Berdasarkan data sementara, Nasdem juga berhasil meraih empat kemenangan Pilkada di tingkat provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen DPP Partai Nasdem Johnny G Plate mengklaim Nasdem memenangi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di 132 daerah. Kata dia, berdasarkan data sementara, Nasdem juga berhasil meraih empat kemenangan Pilkada di tingkat provinsi.

"Dari data sementara yang telah masuk, pasangan kepala daerah yang diusung oleh Nasdem menang di 4 provinsi dan 128 kabupaten/kota," kata Johnny dalam keterangan tertulis, Kamis (10/12/2020).

Dia menjelaskan dari 270 wilayah Pilkada 2020, pihaknya mengusung sebanyak 266 pasangan calon untuk tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Saat ini, kata Johnny, data yang masuk yakni sebanyak 222 wilayah dan sisanya masih menunggu.

"Sisanya 44 daerah masih kami tunggu. Persentase kemenangannya 59,46 persen. Tapi ini masih data sementara," ucapnya.

Lanjut Johnny, empat Pilkada di tingkat provinsi yang dimaksud yakni Provinsi Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kepulauan Riau.

"Totalnya ada 90 kader Nasdem yang meraih hasil positif dari pilkada tahun ini," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilarang Kerahkan Massa

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, agar calon kepala daerah yang menang di Pilkada 2020 tak membuat kerumunan dengan merayakan kemenangan dengan banyak orang.

"Saya ingatkan, bahwa masyarakat dan juga pasangan calon dilarang untuk melakukan kegiatan pengerahan massa dalam Pilkada merayakan kemenangan setelah hasil hitung cepat keluar," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (10/12/2020).

Dia mengingatkan, semua pihak yang terlibat dalam Pilkada 2020 ini harus tetap menjaga kondusivitas tahapan penghitungan suara hingga penetapan pemenang. Masyarakat harus turut membantu penyelenggara Pilkada untuk mencegah aktivitas yang menimbulkan kerumunan demi menekan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.