Sukses

39 Pasien Positif Covid-19 Gagal Nyoblos di Pilkada Tasikmalaya

Sebanyak 39 calon pemilih yang terjangkit positif Covid-19, gagal memberikan aspirasi suaranya, pada helatan pesta demokrasi Pilkada Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020).

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 39 calon pemilih yang terjangkit positif Covid-19, gagal memberikan aspirasi suaranya, pada helatan pesta demokrasi Pilkada Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020).

"Mereka ingin sekali (menyalurkan hak suaranya), tetapi ada kekhawatiran dan mereka memilih tidak menggunakan suaranya," ujar Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Umum Singaparna Medika Citrutama, Jojo, Rabu (9/12/2020).

Menurutnya, kegagalan pasien Covid-19 tidak menyalurkan suaranya pada Pilkada Tasikmalaya kali ini, merupakan permintaan mereka sebagai calon pemilih, untuk menghindari penyebaran Covid-19.

"Totalnya ada 39 pasien, dan hari ini masih di ruang isolasi," ujarnya menegaskan.

Selain dilarang untuk pihak luar, keberadaan puluhan pasien Covid-19 kabupaten Tasikmalaya hingga kini, masih melakukan isolasi di dua ruang utama isolasi pemeriksaan.

"Di ruang Uhud ada 13 orang dan Sofa 26 orang, itu data dua hari lalu," kata dia.

Sementara itu total petugas tenaga kesehatan yang tengah berjaga, serta pasien yang tengah melakukan pemeriksaan, yang berhasil memberikan hak suaranya berjumlah sekitar 37 orang.

"Petugasnya 2 orang dari tiap ruangan, serta pasien 35 orang," kata dia.

Tia Anedita, Petugas KPPS di TPS 1 Desa Cikunten, Kecamatan Singaparna membenarkan data itu. Menurutnya, jumlah pasien serta tenaga kesehatan yang memberikan hak suaranya sekitar 37 orang.

"Kepentingan kami di sini adalah mendampingi kpps untuk pencoblosan daftar pindahan yang bukan A5," kata dia.

Mereka terdiri dari dua petugas kesehatan yang tengah berjaga, serta 35 pasien yang tengah melakukan pemeriksaan atau rawat inap di rumah sakit. "Kendalanya karena adanya kerbatasan (kesempatan pencoblosan karena berbagai hal)," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti 4 Pasang Calon

Seperti diketahui, Pilkada Kabupaten Tasikmalaya mulai digelar di seluruh TPS tersebar di 39 kecamatan mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Total jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 1.368.156 jiwa tersebar di 3.740 TPS.

Sedangkan jumlah konsestan peserta pilkada Tasikmalaya diikuti empat pasang, yakni nomor urut 1 Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya, pasangan incumbent nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin.

Kemudian pasangan nomor urut 3 Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma yang berasal dari perseorangan atau independen serta pasangan nomor urut 4 Iwan Saputra-Iip Miftahul Faoz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.