Sukses

KPUD Tasikmalaya Siapkan Petugas Khusus Penjemput Pemilih Positif Covid-19

Bagi pasein terjangkit Covid-19, petugas bakal menjemput bola dengan terlebih dahulu melakukan konfirmasi kesiapan melalui video conference, terhadap calon pemilih.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tasikmalaya, Jawa Barat menyiapkan petugas khusus yang disiapkan menjemput calon pemilih yang terdeteksi positif Covid-19.

Komisioner KPUD Tasikmaya, Divisi Hukum Fachrudin, mengatakan, setelah melakukan monitoring di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), pelaksanaan pencoblosan pilkada Tasikmalaya berlangsung lancar.

Petugas KPPS telah menyiapkan sejumlah protokoker kesehatan (prokes), termasuk para calon pemilih yang datang, telah mematuhi prokes kesehatan.

"Kami bersama forkopimda memastikan pelaksanaan pemungutan sudah menerapkan prokes," ujarnya di TPS 09 Cipakat, Kecamatan Singaparna, Rabu (9/12/2020).

Bagi pasien yang terjangkit positif Covid-29, KPUD Tasik ujar dia, bakal melakukan jemput bola dengan terlebih dahulu melakukan konfirmasi kesiapan melalui video conference, terhadap calon pemilih.

"Nanti petugas mendatangi rumah itu dan disaksikan oleh TPS dan pengawas TPS," ujar dia.

Sementara bagi mereka yang kesulitan, calon pemilih bisa mewakilkan kepada pihak keluarganya untuk memberikan hak pilihnya.

"Nanti saat pemilihannya diwakilkan oleh keluarganya, dengan catatan tidak boleh serumah dengan pasien positif yang isolasi," kata dia.

Sementara itu Kapolres Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana menambahkan, hasil pemantauan sementara pelaksanaan Pilkada Tasikmalaya berlangsung aman dan telah memenuhi prokes kesehatan.

"Alhamdulillah hasil pantuan kami bersama KPU, semuanya berjalan lancar melakukan pemantuaan masalah prokes covid," kqta dia.

Bahkan untuk memastikan keamanan, Hendria mengaku telah melakukan pemetaan terjadinya konflik sosial yang disebabkan akibat pilkada Tasikmalaya.

"Ada 12 TPS rawan dan itu jaga secara ketat," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diikuti 4 Pasangan Calon

Seperti diketahui, Pilkada Kabupaten Tasikmalaya mulai digelar di seluruh TPS tersebar di 39 kecamatan mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Total jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 1.368.156 jiwa tersebar di 3.740 TPS.

Sedangkan jumlah konsestan peserta pilkada Tasikmalaya diikuti empat pasang, yakni nomor urut 1 Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya, pasangan incumbent nomor urut 2 Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin.

Kemudian pasangan nomor urut 3 Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma yang berasal dari perseorangan atau independen serta pasangan nomor urut 4 Iwan Saputra-Iip Miftahul Faoz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.