Sukses

Begini Penerapan Protokol Kesehatan di TPS Tempat Bobby Nasution Nyoblos

Bagi warga yang memberikan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan, termasuk di Pilkada Medan.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 berlangsung di tengah pandemi Virus Corona Covid-19. Bagi warga yang memberikan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan, termasuk di Pilkada Medan.

Pantauan Liputan6.com, di TPS 022, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (9/12/2020), sejak dibuka pukul 07.00 WIB, warga yang menggunakan hak suara tampak menggunakan masker.

Tidak hanya itu, sebelum memasuki TPS yang diketahui lokasi calon Wali Kota Medan, Bobby Nasution nyoblos, warga diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian, wajib diperiksa suhu tubuh, diberi hand sanitizer, sarung tangan, baru dipersilahkan mencoblos.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 022, Ahmad Fauzan, apa yang dilakukan dan diterapkan pihaknya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bagi petugas KPPS diwajibkan menggunakan masker atau face shield.

"Masyarakat wajib masker. Ini sesuai protokol kesehatan," kata Fauzan.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 022, Ahmad Fauzan mengatakan, terdapat 314 Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Medan. Kemudian ada 7 petugas KPPS dan 2 Linmas yang bersiaga. Kursi tunggu yang disediakan juga dibuat berjarak.

"Petugas KPPS diwajibkan menggunakan masker atau face shield, sedangkan masyarakat wajib masker. Ini sesuai protokol kesehatan," kata Fauzan, Rabu (912/2020).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsep Kekeluargaan

Fauzan menyebut, TPS lokasi Bobby Nasution akan memberikan hak suaranya di Pilkada Medan mengusung konsep kekeluargaan. Tujuannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat memilih.

"Biar masyarakat juga dalam memilih tidak ada tekanan apapun," ujarnya.

Disampaikan Fauzan, pihaknya tidak memiliki dekorasi khusus di TPS 022 lokasi Bobby nyoblos. Hanya saja, pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti menyediakan lokasi cuci tangan, hand sanitizer, dan pengecek suhu tubuh.

"Ini sedang pandemi Covid-19. Bagi pemilih (masyarakat) dan petugas di TPS wajib menggunakan masker, juga face shield," sebut Fauzan di TPS yang berlokasi di taman, tepatnya di Komplek Taman Setia Budi Indah, tepatnya di Blok VV.

Hingga pukul 10.00 WIB, Bobby Nasution dan istrinya, Kahiyang Ayu, serta anggota keluarga lainnya belum juga tampak memberikan hak suara. Informasi diperoleh, menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu akan menggunakan hak suara usai berziarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.