Sukses

Dukungan PAN Terpecah di Pilkada Gunungkidul?

Sejumlah simpatisan dan kader PAN Gunungkidul mendeklarasikan diri mendukung pasangan nomor urut 2 Immawan Wahyudi - Martanty Soenar Dewi di Pilkada Gunungkidul.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah simpatisan dan kader PAN Gunungkidul mendeklarasikan diri mendukung pasangan nomor urut 2 Immawan Wahyudi - Martanty Soenar Dewi di Pilkada Gunungkidul. Dukungan tersebut membuat partai berlogo Matahari biru itu pecah. Diketahui bahwa DPP PAN sendiri memutuskan untuk mengusung pasangan Cabup - Cawabup nomor urut 1 Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanta.

Bardan Budi Santoso, seorang tokoh PAN yang juga mantan kader PAN menjelaskan, dukungan kepada Immawan Wahyudi tersebut murni dari hati nuraninya. Bardan melihat bahwa Immawan sebenarnya adalah kader terbaik PAN namun justru tidak mendapatkan dukungan dari partai besutan Amin Rais itu. Bardan kemudian memilih untuk berseberangan dengan partainya sendiri dengan memberikan dukungannya kepada Immawan Wahyudi. 

"Saya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang HAM dan Advokasi di DPD PAN Gunungkidul, tetapi sudah mundur pada bulan Agustus lalu,"ujarnya. 

Dia mengaku sejak awal sebenarnya sudah mantap untuk mengikuti apapun perintah partai kepadanya. Namun lantaran situasi berubah pasca Immawan Wahyudi mendapatkan kendaraan Partai Nasdem. Pihaknya kemudian memutuskan untuk mendukung Immawan.

"Langkah kami diikuti oleh sejumlah pengurus DPD maupun DPC yang beralih memberikan dukungan ke paslon nomor 2. Ini sesuai dengan visi misi dan keinginan masyarakat khususnya di tingkat bawah," terangnya. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa, dia mengajak warga dan simpatisan PAN untuk memberikan dukungan ke Immawan Wahyudi dan Martanty. Warga dan simpatisan ini ada yang berasal dari berbagai kalangan bahkan ada yang juga masih tercatat sebagai pengurus di kepartaian.

"Ternyata masyarakat justru banyak yang menginginkan Immawan masih tetap memimpin Gunungkidul agar lebih maju kembali. Dikarenakan, selama ini sudah banyak perubahan semasa ia menjabat sebagai Wakil Bupati," tandasnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Solid?

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menegaskan PAN Gunungkidul solid mendukung Calon Bupati - Wakil Bupati nomor urut 1 Sutrisna - Mahmud. Dia menganggap pihak yang mendukung paslon lain hanyalah mengaku-ngaku sebagai kader PAN saja. 

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua MPR RI itu saat melaksanakan sosialisasi empat pilar di kantor DPD PAN Gunungkidul wilayah Kalurahan Piyaman,  Kepanewon Wonosari,  Senin (16/11/2020). 

"Target kita menang,  solid. Kalau ada yang membelot itu ngaku-ngaku," kata Zulhas menanggapi deklarasi kader Matahari Biru di BMT Dana Insani pada Minggu kemarin (15/11/2020).

Sementara itu Sekretaris DPD PAN Gunungkidul Anwarudin menyebut deklarasi akar rumput Matahari Biru di BMT Dana Insani Minggu (15/11/2020) yang mendukung Paslon Immawan Wahyudi - Martanty Soenar Dewi hanyalah gempilan.  

"Itu hanya gempilan, bukan sebuah perpecahan, "kata Anwarudin. 

Dia memastikan bahwa, seluruh kader PAN baik DPRT, DPC dan DPD solid memenangkan pasangan Sutrisna Wibawa - Mahmud Ardi Widanto. Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul itu akan memberi sanksi tegas jika terdapat pengurus aktif membelot dengan mendukung paslon lain. 

"PAN solid mengamankan garis partai," kata Anwarudin. 

Diketahui sebelumnya sebanyak 50 orang yang mengatasnamakan kader Matahari Biru yang dipimpin mantan Wakil Ketua Bidang HAM dan Advokasi DPD PAN Bardan Budi Santosa mendeklarasikan diri mendukung Paslon nomor urut 2 Immawan Wahyudi - Martanty Soenar Dewi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.