Sukses

Belajar dari Bung Hatta, Cagub Rusdy Jadikan Koperasi Sokoguru Perekonomian Desa

Berharap dengan adanya koperasi bisa membantu keperluan mendesak masyarakat di desa seperti ketika sakit, keperluan sekolah, atau keperluan usaha masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir berkomitmen dan mendorong koperasi sebagai sokoguru perekonomian dan sebagai fasilitator mensejahterakan masyarakat di desa-desa, sehingga bisa menggantikan peran tokek-tokek (rentenir) yang terkadang menyulitkan masyarakat.

Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur hadir dalam kegiatan Rapat Umum Penyuluhan dan Pembentukan Koperasi Relawan Merah Putih Indonesia di Hotel Paramasu, Kota Palu, Minggu (15/11/2020).

Kehadiran Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir adalah bagian dari penasehat Relawan Merah Putih yang ada di Sulawesi Tengah, dalam kegiatan ini pengurus relawan merah putih ingin mendirikan koperasi agar bermanfaat bagi masyarakat di Sulawesi Tengah.

"Saya berharap dengan adanya koperasi bisa membantu masyarakat untuk simpan pinjam, karena yang menjadi persoalan masyarakat di desa adalah uang. Kalau makan orang di desa banyak yang dia bisa makan, sampai kelor pun banyak yang suka. Karena saya pun suka kelor," jelas Rusdy.

Rusdy Mastura berharap dengan adanya koperasi bisa membantu keperluan mendesak masyarakat di desa seperti ketika sakit, keperluan sekolah, atau keperluan usaha masyarakat seperti petani yang membutuhkan pupuk, bibit, dan nelayan yang membutuhkan bahan bakar, jaring, alat tangkap serta yang lainnya. Kemudian bisa dibayarkan setelah panen atau mendapatkan hasil.

"Ini sangat membantu masyarakat kalau bisa berjalan dengan maksimal, bayangkan kalau ada 2000 koperasi di desa-desa aktif bisa maju dan sejahtera Sulawesi Tengah. Koperasi ini kan sudah lama ada dan diperkenalkan Bung Hatta yang menyebut koperasi adalah Sokoguru perekonomian, untuk itu Insya Allah kita hidupkan lagi perannya agar menjadi Soko guru perekonomian di desa," jelas Rusdy.

Rusdy Mastura bersama Ma'mun Amir menyampaikan kepada anggota relawan merah putih untuk sama-sama berjuang mensejahterakan masyarakat khususnya di desa-desa melalui koperasi. Dirinya juga akan mencoba berkomunikasi dengan menteri koperasi. Kemudian peran bumdes juga akan dimaksimalkan membantu perekonomian di desa.

"Saya mungkin mau sampaikan pengalaman selama bersafari politik ke desa-desa yang ada di Timur Sulawesi Tengah, hampir sebagian besar koperasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Karena seharusnya anggota koperasi itu diatur mandiri oleh dirinya sendiri, arahnya mau kemana dan mensejahterakan anggotanya," tambah Ma'mun.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.