Sukses

Cuti, Ganjar Prabowo Temani Gibran Kampanye di Pasar Klithikan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari ini berkampanye untuk calon wali kota Solo nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari ini berkampanye untuk calon wali kota Solo nomor urut 1, Gibran Rakabuming Raka. Ganjar dan Gibran mengunjungi Pasar Klithikan Notoharjo, di Kelurahan Mojo, Pasarkliwon, usai sarapan bersama di Soto Gading, Jumat (6/11/2020).

Ganjar dan Gibran tampak menghampiri sejumlah pedagang di pasar yang menjual spare part kendaraan, sepatu, baju bekas, jaket dan lainnya. Mereka juga berbincang tentang kondisi pedagang saat pandemi Covid-19, terutama terkait pendapatan dan penerapan protokol kesehatan. Kepada wartawan Ganjar mengaku cuti sehari untuk mendampingi putra sulung Presiden Joko Widodo berkampanye.

"Iya ini kampanye. Cutine yo dino iki thok wae, ngirit (cutinya ya hari ini saja). Saya kontak-kontakkan dengan mas Gibran sudah lama untuk ketemu di Solo, tapi baru hari ini punya kesempatan. Makanya tadi makan soto dulu, cerita-cerita kuliner," ujar Ganjar.

Ganjar juga membicarakan tentang pemulihan sektor ekonomi yang sedang terpuruk terutama di kota Solo. Kemudian Ganjar diajak Gibran untuk melihat langsung kondisi para pedagang di pasar klitikan yang mengalami penurunan omzet rata rata hingga 50 persen.

"Setelah melihat langsung kita spontan punya ide, bikin event, kata mas Gibran tadi. Kalau tidak nanti langsung saja, panitianya nanti dari pengelola pasar, dari paguyuban membuat lomba terus kita kasih hadiah. Agar orang bisa merangsang kemudian ingat akan pasar ini, belanja di pasar ini, menggunakan produk di pasar ini, sehingga menggerakkan perekonomian di pasar ini," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangkitkan UMKM

Ganjar menilai, kota Solo mempunyai banyak daya tarik yang luar biasa untuk mendorong tumbuhnya perekonomian. Selain sektor pariwisata, Solo juga punya banyak perhotelan dan sektor UMKM untuk bisa dikembangkan.

"Tadi kita juga ngobrol ngobrol, bagaimana cara membangkitkan UKM, dengan pengalaman masing-masing, bagaimana cara jualannya dan lainnya. Saya jualan juga di Instagram saya, kita jualan juga melalui pameran. Produk dari Solo sih sudah banyak sebenarnya. Kalau itu bisa kita lakukan dengan kekuatan Solo sendiri, saya yakin ekonomi cepat membaik," ucapnya. 

Reporter : Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.