Keluhan Biaya Pendidikan Petani Jorong Tanjung Air ke Cawagub Ali Mukhni

Oleh Liputan6.com pada 18 Okt 2020, 23:17 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 23:17 WIB
Cawagub Sumbar Ali Mukhni. (Foto: Istimewa).
Perbesar
Cawagub Sumbar Ali Mukhni. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Gubernur Ali Mukhni mendapat keluhan perihal mahalnya biaya pendidikan di Jorong Tanjung Air. Warga berharap pasangan Mulyadi-Ali Mukhni bisa menuntaskan persoalan ini.

Abdullah (46), petani Jorong Tanjung Air mengatakan, selama masa pandemi dia masih dibebani biaya sekolah senilai Rp 35 ribu. Padahal selama pandemi ini pemasukannya terus berkurang.

"Kami berharap agar Bapak mau membebaskan biaya pendidikan anak kami yang MTs (Madrasah Tsanawiyah). Sebab kami sangat terbebani di sini mesti membayar biaya sekolah padahal kami juga kesulitan karena pandemi,” ujarnya, Sabtu (17/10/2020).

Abdullah berharap bisa mendapatkan dana bantuan atau beasiswa untuk meringankan biaya sekolah anaknya.

Ali Mukhni pun menuturkan bahwa pihaknya punya program Sumbar Cerdas untuk mengatasi masalah pendidikan.

"Dengan program Sumbar Cerdas kita bebaskan anak-anak kita dari biaya pendidikan yang mahal dan menjerat. Sudah saatnya untuk orang tua di Sumbar merasa tenang saat anaknya sekolah,” ujar Ali.

Dengan Sumbar Cerdas, lanjut Ali Mukhni akan meningkatkan angka Harapan Lama Sekolah (HLS) maka sekaligus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumbar. Sehingga menurunkan angka putus sekolah di Sumbar.

 

2 dari 3 halaman

KPU Tetapkan DPT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.719.429 jiwa. Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengatakan, total DPT terdiri dari 1.836.825 pemilih laki-laki dan 1.882.604 pemilih perempuan.

Jumlah ini lebih banyak dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan pada September lalu yakni berjumlah 3.691.592 pemilih.

Jumlah DPS tersebut terdiri dari 1.821.951 pemilih laki-laki dan 1.869.641 pemilih perempuan.

Selain itu KPU juga menetapkan 12.548 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 1.158 kelurahan, desa atau nagari di Provinsi Sumbar dalam DPT tersebut

Jumlah itu bertambah dibandingkan dengan hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan KPU Sumbar pada September lalu yakni 12.532 TPS

Pilkada Sumbar diikuti empat pasangan calon, yakni Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy yang diusung PKS dan PPP, Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Partai Gerindra, Fakhrizal-Genius Umar yang diusung Partai Golkar, PKB, Nasdem, PBB dan Hanura dan Mulyadi dengan Ali Mukhni yang diusung Partai Demokrat dan PAN.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓