Dukungan Warga Surabaya untuk Machfud di Pilkada 2020

Oleh Liputan6.com pada 18 Okt 2020, 21:14 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 21:26 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Perbesar
Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Ikatan Keluarga Madura (Ikama) Surabaya ini mengatakan, dukungan warga terhadap calon wali kota Surabaya Machfud Arifin didasari kepedulian tinggi calon tersebut kepada masyarakat. Hal ini terbukti dari program-program unggulan yang dimiliki oleh pria kelahiran Ketintang tersebut.

Di dalam tiga program unggulan Machfud meliputi sembako murah dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 1 juta per KK.

"Berbagai program Pak Machfud Arifin menunjukkan keberpihakan terhadap masyarakat kecil, Insya Allah warga kecil akan sangat terbantu jika beliau kita amanahi menjadi Walikota Surabaya," ujarnya dalam acara Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H di Sidotopo Wetan, Minggu (18/10/2020).

Buchori yang juga Anggota DPRD Surabaya ini mengatakan, Machfud Arifin berkomitmen melakukan pemerataan pembangunan. Dia berkomitmen untuk mengalokasikan dana APBD untuk setiap RT di Surabaya sebesar Rp. 150 juta per tahun.

Dana ini nantinya akan disalurkan dalam bentuk program untuk pembangunan infrastruktur ataupun pembangunan masyarakat.

 

2 dari 3 halaman

Eri Ziarah

Di bagian lain, Calon Wali Kota Surabaya Nomor Urut 01 Eri Cahyadi melakukan  ziarah ke makam Bung Karno di Blitar pada Sabtu (17/10/2020) malam.

Eri sempat membacakan tahlil dan kalimat-kalimat thayyibah sembari tangannya menggenggam erat pusara Bung Karno. Usai berdoa, Eri menabur bunga kenanga, melati, dan mawar ke makam Bung Karno.

"Semoga Bung Karno mendapat tempat termulia di sisi Allah SWT. Semoga seluruh keluarga beliau senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan, dan kita bisa meneladani pengabdian beliau," ujarnya dikutip dari Antara, Minggu (18/10/2020).

Menurut Eri, Bung Karno adalah pemimpin sejati dan pemimpin besar negeri ini. Banyak teladan yang bisa diambil dari kepemimpinan beliau. Bung Karno juga meninggalkan jejak peradaban di berbagai negara, yang menunjukkan visinya dalam menjalin perdamaian dunia.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. pasangan nomor urut satu yaitu Eri Cahyadi dan Armuji. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non-parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan nomor urut dua yaitu  Machfud Arifin-Mujiaman, yang diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓