Sukses

Pengamat Prediksi Kotak Kosong Pilkada Semarang Dapat Suara

Meski pasangan Hendi-Ita diusung dan didukung seluruh partai politik dalam Pilkada 2020, diperkirakan ada yang memilih kotak kosong saat pemungutan suara nanti.

Liputan6.com, Jakarta Kotak kosong yang akan menjadi lawan pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita G Rahayu (Hendi-Ita) diprediksi mendapatkan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.

"Dalam teori, hal semacam itu disebut perilaku pemilih atau 'voting behavior'," kata pengamat  Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Yuwanto, Sabtu (3/10/2020). 

Menurut dia, meski pasangan Hendi-Ita diusung dan didukung seluruh partai politik dalam Pilkada 2020, diperkirakan ada yang memilih kotak kosong saat pemungutan suara nanti.

"Kalau 100 persen memilih Hendi-ita kecil kemungkinannya. Pasti ada yang pilih kotak kosong," kata dosen politik dan pemerintahan Undip tersebut dilansir Antara. 

Ia menilai, dalam realita politik merupakan hal yang wajar jika masyarakat ada yang memilih kotak kosong dalam pemilu yang hanya diikuti calon tunggal.

"Kehendak partai politik pengusung dan pendukung, belum tentu merepresentasikan kehendak rakyat," lanjut Yuwanto. 

Meski demikian, menurut dia, kondisi tersebut tidak perlu menjadi hal yang perlu dipikirkan secara serius karena pasangan Hendi-Ita diperkirakan menang mutlak dalam Pilkada 2020.

"Justru yang harus menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan. Dimana memastikan partisipasi pemilih tetap tinggi untuk datang ke TPS pada 9 Desember 2020," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parpol Pengusung

Pasangan calon petahana Hendrar Prihadi-Hevearita G Rahayu kembali mencalonkan diri dalam Pilkada 2020 dengan diusung oleh sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang serta lima partai politik nonparlemen.

Sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang tersebut, yakni PDIP, Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PKS, Partai Gerindra, PAN, Partai NasDem, dan PSI.

Adapun lima partai pendukung pasangan ini, yakni PKPI, Partai Hanura, Partai Berkarya, PBB, Partai Gelora, dan PPP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.