Sukses

KPU Karawang Tetapkan Paslon, Adly Fairuz Dapat Nomor Urut 1

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Karawang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karawang 2020.

Liputan6.com, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Karawang pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karawang 2020, di Hotel Akhsaya, Kamis (24/9/2020). Hasilnya, pasangan Yessi Karya Lianti dan Adly Fairuz saat pengundian nomor urut mendapatkan nomor satu.

Sementara, calon petahana Cellica Nurrachadianna dan Aep Saepulloh paslon mendapatkan nomor urut dua. Sedangkan calon petahana lainnya, Ahmad Zamakhsyari yang berpasangan dengan Yusni Rinjani mendapatkan nomor urut tiga.

Sebelumnya tiga pasangan calon sudah memenuhi syarat persyaratan administrasi, kesehatan jasmani dan rohani. Sehingga KPU Karawang menetapkan yang tadinya bakal pasangan calon (bapaslon) menjadi pasangan calon (paslon).

Penetapan tiga pasangan calon tersebut diformalkan dalam SK No 461/HK.04.1-Kpt/3215/KPU-Kab/IX/2020 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Karawang 2020.

Adapun rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut ini dihadiri ketiga pasangan calon. Kegiatan pengundian disiarkan langsung lewat akun Youtube resmi KPU Kabupaten Karawang.

"Memutuskan, menetapkan tentang nomor urut dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karawang 2020. Pasangan bupati dan wakil bupati pasangan nomor urut satu Yesi Karya Lianti dengan Ahmad Adly Fairuz, nomor urut dua pasangan calon Cellica Nurrachadiana-Aep Saepulloh, dan nomor urut tiga pasangan Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani," tutur Ketua KPU Kabupaten Karawang Miftah Farid.

Miftah menjelaskan, nomor urut yang diperoleh ketiga paslon dapat digunakan untuk keperluan kampanye, mencetak surat suara dan dipasang di semua tempat pemungutan suara saat proses pemungutan suara pada 9 Desember mendatang.

Setelah pengundian berlangsung, para paslon Pilkada Kabupaten Karawang 2020 membacakan deklarasi pemilu damai dan pakta integritas dilanjutkan dengan penandatanganan. Selanjutnya, Pilkada Kabupaten Karawang memasuki masa kampanye yang dimulai 26 September-5 Desember 2020 mendatang.

Seperti diketahui, pasangan Yesi Karya Lianti-Adly Fairuz diusung PDI Perjuangan, PBB, PAN, dan PPP sebanyak 10 kursi. Adly merupakan artis dan pesinetron di tayangan Cinta Fitri. Pasangan ini menghadapi dua petahana Karawang.

Cellica Nurrachadiana yang berpasangan dengan Aep Saepulloh diusung Partai Demokrat, Golkar, PKS dan NasDem sebanyak 24 kursi. Sedangkan, pasangan Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani diusung partai Gerindra, PKB dan Hanura yang terdiri dari 16 kursi. Baik Cellica maupun Ahmad saat ini merupakan Bupati dan Wakil Bupati Karawang periode 2016-2021.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.