Sukses

KPU Bantul Optimistis Partisipasi Pemilih di Pilkada Capai 82 Persen Meski Pandemi

Untuk mencapai partisipasi tersebut, KPU Bantul gencar sosialisasi dan pendidikan pemilih, baik secara dalam jaringan (daring) maupun tatap muka.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan UmumK (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan bupati dan wakil bupati Bantul, 9 Desember mendatang sebesar 82 persen.

"Kami optimistis target tercapai meski kondisi seperti ini (pandemi COVID-19)," kata Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Kamis (17/9/2020). 

Dia mengaku saat ini pihaknya tengah gencar sosialisasi dan pendidikan pemilih, baik secara dalam jaringan (daring) maupun tatap muka, terutama kepada segmen pemilih tertentu.

"Kami tetap menyosialisasi secara konvensional atau tatap muka. Akan tetapi, tatap muka itu kami lakukan basisnya desa dan kecamatan dengan menerapkan protokol kesehatan, sementara yang di tingkat kabupaten lebih banyak yang daring," jelas Didik dilansir Antara. 

Terkait sosialisasi secara daring yang akan dilakukan, dia menjelaskan pihaknya akan mendekati segmentasi pemilih tertentu yang pada Pemilu 2019 tingkat partisipasi rendah. Misalnya pada segmen penyandang disabilitas sekitar 3.000 pemilih.

"Untuk penyandang disabilitas, bisa lebih dari 50 persen. Karena kemarin masih di bawah 50 persen. Artinya, kami akan melakukan pendekatan terhadap kelompok-kelompok yang rentan partisipasi rendah, seperti kelompok disabilitas, kelompok perempuan, dan kelompok pemilih pemula," kata Ketua KPU Bantul ini. 

Meski demikian, ketika partisipasi pemilih pada suatu kontestasi demokrasi rendah, bukan berarti menjadi indikator bahwa pelaksanaan pemilihan tersebut gagal atau tidak sukses.

"Tidak ada ukuran pemilu gagal meski partisipasi rendah, tidak ada. Sepanjang sepengetahuan saya dari sisi regulasi tidak, partisipasi pemilih itu tidak menjadi ukuran kesuksesan," kata Didik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemutakhiran dan Coklit

Menurut dia, pihaknya telah menyusun data pemilih untuk dimutakhirkan oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dengan total pemilih sebanyak 724.767 orang.

Pemutakhiran dengan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh PPDP dilakukan sejak 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.

Setelah coklit tersebut, rekapitulasi secara berjenjang mulai dari PPS (panitia pemungutan suara) tingkat desa, tingkat kecamatan (PPK), hingga tingkat KPU Kabupaten Bantul, kemudian ditetapkan sebagai DPS.

"Untuk rekap DPHP (daftar pemilih hasil perbaikan) yang kemudian ditetapkan sebagai DPS sebanyak 705.651 orang dengan perincian pemilih laki-laki sebanyak 346.124 orang dan pemilih perempuan sebanyak 359.527 orang," papar Didik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.