Sukses

44 Bakal Calon Kepala Daerah di Jabar Negatif Covid-19

Laporan hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah diserahkan kepada KPU kota/kabupaten pada Sabtu 12 September 2020.

Liputan6.com, Bandung - Sebanyak 44 bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri ikut Pilkada Serentak 2020 di Jawa Barat dinyatakan negatif Covid-19 setelah menjalani tes swab (uji usap) di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Tes tersebut merupakan salah satu syarat lolos pemeriksaan kesehatan setelah bakal pasangan calon kepala daerah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Wakil Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Calon Kepala Daerah di Jawa Barat Andri Reza mengatakan, total 44 bakal calon kepala daerah mengikuti tes kesehatan yang dilaksanakan pada 7-10 September 2020.

"Jadi bisa disimpulkan, hari pertama, hari kedua, dan hari ketiga semua negatif Covid-19hasil tes swab," katanya, Rabu 9 September 2020.

Pemeriksaan kesehatan para bakal calon dilakukan bertahap. Awalnya, delapan bakal calon kepala daerah dari Pilkada Cianjur yang mendapatkan giliran pemeriksaan kesehatan pada 7-8 September.

Selanjutnya pada 8-9 September, pemeriksaan kesehatan terhadap 16 bakal calon dari Pilkada Kabupaten Bandung, Sukabumi, dan Kota Depok.

Sedangkan, 20 bakal calon kepala daerah yang mengikuti pemeriksaan kesehatan pada 9-10 September berasal dari Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Indramayu.

"Untuk ke-20 calon kepala daerah ini pagi hari melaksanakan pemeriksaan swab dan hasilnya negatif," ujar Andri.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digelar di 8 Kota/Kabupaten

Selain menjalani tes swab, Andri menuturkan, para calon menjalani pemeriksaan seperti treadmill, USG, rontgen, dan sebagainya. Setelah hasil PCR keluar dilanjutkan pemeriksaan penyakit dalam, neurologi, dan urologi.

Menurutnya, hasil keseluruhan pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah akan dikumpulkan terlebih dulu. Pihaknya akan memberikan laporan hasil pemeriksaan kesehatan kepada KPU kota/kabupaten pada Sabtu 12 September 2020.

"Setelah pemeriksaan ini kita akan lakukan dulu pengambilan hasil sampai Jumat. Nanti laporannya kami serahkan ke KPU daerahnya masing-masing disaksikan KPU provinsi," ujar Andri.

Seperti diketahui, Pilkada di Jawa Barat terdapat delapan daerah yang akan menggelar pesta demokrasi ini yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, dan Kota Depok.

Sementara itu, tiga bakal paslon dari Pilkada Karawang menggelar pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, pada 8-9 September 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.