Sukses

Catatan Bawaslu Jatim Terkait Pendaftaran Paslon di Pilkada Serentak 2020

Komisioner Divisi Pengawasan Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi hampir semua pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU daerah masing-masing melakukan pelanggaran.

Liputan6.com, Surabaya - Komisioner Divisi Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur (Jatim), Aang Kunaifi memberi catatan pada pendaftaran calon kepala dan wakil kepala daerah di 19 kabupaten/kota, pada 4-6 September 2020. 

Aang membeberkan, hampir semua pasangan calon yang mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah masing-masing melakukan pelanggaran. Para paslon diketahui tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dengan menggelar arak-arakan yang mengakibatkan kerumunan.

"Jadi hampir rata semua di 19 kabupaten kota, ada 41 pasangan calon yang mendaftar itu hampir rata-rata kegiatan melakukan pendaftaran di kantor KPU dilakukan dengan cara arak-arakan di luar kantor KPU," ujar Aang, Senin (7/9/2020). 

Selain pelanggaran protokol kesehatan, Bawaslu Jatim belum menemukan pelanggaran lainnya. Seperti pemalsuan dokumen syarat pencalonan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Catatan Bawaslu Jatim

Artinya, sejauh ini para paslon yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2020 di Jatim memakai dokumen yang absah.

"Cuma di catatan kami ada beberapa nama yang tertera di dokumen KTP elektronik dengan dokumen rekomendasi dari partai untuk pasangan calon itu ada beberapa catatan yang memang ada kekurangan nama atau salah ketik dan lain sebagainya," kata Aang.

"Contohnya namanya Oni ditulis Oki, terus ada kemudian di dokumen rekomendasi partai itu di tambahkan gelar akademik. Padahal di kartu tanda penduduknya itu tidak ditambahkan," dia menambahkan. 

Meski terlihat sepele dan tidak termasuk kategori pelanggaran, kesalahan huruf pada nama paslon tetap harus diperbaiki.

Kerumunan dan arak-arakan juga terjadi pada saat bakal paslon di Surabaya, Jawa Timur saat mendaftarkan diri. Baik Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman. Kedua pendukung, partai politik dan relawannya melakukan iring-iringan jalan kaki di sekitar Kantor KPU Surabaya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.