Sukses

Ritual Gus Ipul-Mas Adi Sebelum Daftar Pilkada ke KPUD Pasuruan

Bakal calon Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf-Adi Wibowo atau Gus Ipul-Mas Adi, mendaftarkan diri ke KPUD Pasuruan, untuk maju di Pilkada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf-Adi Wibowo atau Gus Ipul-Mas Adi, mendaftarkan diri ke KPUD Pasuruan, untuk maju di Pilkada 2020.

Sebelum mendaftarkan diri dalam ajang Pilkada 2020, sejumlah ritual dilakukan pasangan tersebut.

Mulai dari berangkat dari Pondok Pesantren Salafiyah Kota Pasuruan KH Idris Hamid, dilanjutkan dengan berziarah ke makam ulama besar Kota Pasuruan Kiai Abdul Hamid.

Lalu, memberikan santunan kepada anak yatim di depan Mal Poncol, setelah itu baru menuju kantor KPUD Pasuruan.

Yang unik, Gus Ipul dan pasangannya justru mengayuh becak. Sedangkan pemiliknya justru jadi penumpang. Disebutkan ini sebagai bentuk menjalankan protokol kesehatan pada Pilkada 2020.

"Kami ingin meniru apa yang dilakukan Nabi. Jadi kami ke makam Aulia (KH Hamid) lantas diakhiri ke pasar," kata Gus Ipul seperti dilansir dari Antara, Minggu (6/9/2020).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tagline Pasuruan

Gus Ipul menuturkan, ingin mewujudkan kemajuan Kota Pasuruan seperti yang diterjemahkan dalam tagline Pasuruan "Kota Madinah", yaitu Aman Indah dan Harmoni.

"Kami akan mewujudkan Kota Pasuruan 'Madinah van Java'. Makanya tadi kami akhiri dengan naik angkot menuju pasar sekaligus ingin mengetahui transportasi publik dan pasar di Pasuruan yang memang perlu banyak pembenahan," tuturnya.

Sementara itu, di Kota Pasuruan terdapat dua pasangan calon yang diusung partai politik koalisi dan bertarung di Pilkada pada 9 Desember 2020.

Selain Gus Ipul-Mas Adi, terdapat juga pasangan Raharto Teno Prasetyo dan M Hasyim Asyari (TEGAS) yang diusung Partai Hanura (3 kursi), PDI Perjuangan (2 kursi), Partai NasDem (1 kursi) dan Partai Gerindra (3 kursi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.