Sukses

Mahyeldi-Audy, Kontestan Pilgub Pertama yang Daftar ke KPU Sumbar

Pasangan Mahyeldi-Audy merupakan bakal calon yang pertama mendaftar ke KPU Sumbar.

Liputan6.com, Padang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat membuka pendaftaran calon kepala daerah mulai 4 hingga 6 September 2020. Pada hari pertama ini Mahyeldi-Audy Joinaldy satu-satunya pasangan yang mendaftar.

Mahyeldi-Audy yang diusung diusung oleh PKS berkoalisi dengan PPP itu datang ke KPU Sumbar sekitar pukul 13.30 WIB. Mereka kompak memakai kemeja putih dan peci berwarna hitam.

Pasangan itu juka menggunakan faceshild (pelindung wajah) dan masker merekat didampingi oleh pembesar partai masing-masing. Seperti Ketua DPW PKS Sumbar, DPW PPP, Sekretaris PPP dan tim pemenangan Mahyeldi-Audy.

"Iya hari ini KPU mulai buka pendaftaran, kita langsung mendaftar hari ini," kata Mahyeldi setelah menyelesaikan pendaftaran di KPU Sumbar, Jumat (4/8/2020).

Ia menyebut langsung mendaftar pada hari pertama karena merasa sudah siap dari segal hal, sehingga tidak menunda-nunda lagi untuk datang ke KPU Sumbar.

"Ketika KPU sudah menetapkan saya dan Audy sebagai calon pada Pilgub ini, saya akan cuti sebagai wali kota sesuai dengan undang-undang," kata Mahyeldi.

Bekoalisinya PKS dan PPP dalam Pilgub Sumbar 2020, syarat untuk mendaftar di Pilkada Sumbar sudah terpenuhi. PKS memiliki 10 kursi dan PPP 4 kursi di DPRD Sumbar sehingga syarat minimal 13 kursi sudah terpenuhi.

Sementara Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan hari ini 4 September 2020 hanya pasangan Mahyeldi-Audy yang mendaftar ke KPU.

"Berkasnya lengkap semua, namun akan diverifikasi lagi sebelum ditetapkan sebagai calon," ujarnya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Mahyeldi-Audy Joinaldy

Mahyeldi merupakan politisi PKS yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Padang periode 2019-2024 berpasangan dengan Hendri Septa. Sebelumnya ia juga menjabat Wali Kota Padang periode 2014-2019 berpasangan dengan Emzalmi.

Sebelumnya Mahyeldi menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padang periode 2019-2014 berpasangan dengan Fauzi Bahar, Mahyeldi juga pernah duduk di kursi DPRD Sumbar sebelum menjadi wali kota.

Sementara Audy Joinaldy merupakan pengusaha muda yang bergerak di bidang unggas yang diusung oleh PPP Sumbar sebagai calon wakil gubenur.

Audy lahir di Jakarta 16 Mei 1983 dan saat ini menjabat sebagai Komisaris Perkasa Grup. Menamatkan pendidikan S1 di IPB ia mengambil Master of Science di Wageningen Universiteit Netherlands Major Food Quality Management Minor Animal Nutrition.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.