Sukses

Artis Sinetron Lian Firman Dampingi Ali Mujahidin Daftar Pilkada Cilegon

Lian Firman bersama Ali Mujahidin mengaku serius untuk maju di Pilkada Cilegon, untuk mengubah daerahnya menjadi lebih baik lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Ali Mujahidin dan artis sinetron Lian Firman alias Firman Mutaqin resmi mendaftarkan diri sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Cilegon. Lian Firman dikenal sebagai artis yang membintangi sinetron Cinta Fitri.

Ali Mujahidin, calon Wali Kota Cilegon, merupakan keturunan dari pahlawan nasional Brigjen KH Syam'un, yang mendirikan lembaga pendidikan sekaligus pondok pesantren (ponpes) Al-Khairiyah tahun 1916.

Lian Firman bersama Ali Mujahidin mengaku serius untuk maju di Pilkada Cilegon, untuk mengubah daerahnya menjadi lebih baik lagi.

"Enggak lah, saya benar-benar bukan karena faktor dari luar, tapi ini benar-benar panggilan sebagai putra daerah untuk memberikan perubahan di Kota Cilegon yang lebih baik. Jadi bukan karena ikut-ikutan, kalau ikut-ikutan tentunya bukan di daerah saya," kata Lian Firman, ditemui di KPU Cilegon, Jumat (04/09/2020).

Ali Mujahidin dan Lian Firman datang ke KPU Kota Cilegon pukul 14.30 WIB sebagai pendaftar kedua. Dia mengaku sejumlah teman-teman artisnya sudah memberikan dukungan kepadanya untuk maju di Pilkada Kota Cilegon.

"Teman-teman artis support, cuma support terbesar itu adalah keluarga saya. Kebetulan saya fokus, jadi saya fokus untuk kontestasi pilkada, jadi syuting hold dulu," kata Lian Firman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasangan Ratu Ati Marliati dan Sokhidin

Pendaftar pertama dari inchumbent, yakni Ratu Ati Marliati dan Sokhidin yang diusung oleh parpol koalisi Golkar, Gerindra, Nasdem dan PKB. Mereka datang pukul 10.00 WIB pagi tadi, Jumat 04 September 2020.

Ratu Ati Marliyati merupakan wakil wali kota Cilegon saat ini. Sedangkan Sokhidin, merupakan wakil Ketua DPRD Cilegon dari Gerindra yang sudah mengundurkan diri saat pencalonan pilkada sekarang.

"Kami mendaftarkan diri yang pertama. Hari ini pendaftaran kami bersama empat partai dan relawan, berjalan lancar. Yang perlu saya syukuri ingin memberikan percontohan demokrasi yang baik, semua tahapan kita tempuh," kata calon Walikota Cilegon, Ratu Ati Matliyati, ditempat yang sama, Jumat (04/09/2020).

Berkas Ratu Ati Marliyati dan Sokhidin dinyatakan lengkap. Sedangkan Ali Mujahidin, pasangan Lian Firman, hasil swabnya masih dipertanyakan oleh KPU Cilegon.

"Sudah kita lakukan verifikasi syarat pencalonan dan kita berikan tanda terima, sudah memenuhi syarat (MS). Swab ulang (Ali Mujahidin) masih akan kita bicarakan, swabnya sudah, tapi yang jadi persoalan itu kan yang rekomendasi IDI. Hasilnya semua negatif," kata Ketua KPU Cilegon, Irfan Alfi, di tempat yang sama, Jumat (04/09/2020).

Pendaftaran para calon kepala daerah di Kota Cilegon, dipantau langsung oleh Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar. Menurutnya, tiga dari empat daerah yang menggelar pilkada, ada di bawah wilayah hukum Polda Banten, yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon. Sedangkan Kota Tangsel, masuk ke Polda Metro Jaya.

Tiga daerah di wilayah hukum Polda Banten yang menggelar pilkada, semuanya masuk ke dalam radar pengawasan agar tidak terjadi konflik.

"Esensi ancamannya sudah diantisipasi. (Kerawanan di tiga daerah) semua akan kita antisipasi, tidak ada yang sangat aman tidak, karena nanti kita lalai. Tapi serem-serem banget juga tidak. Tergantung warganya sini, warganya baik kok, mudah-mudahan aman," kata Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar, ditempat yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.