Sukses

Megawati Perintahkan Kadernya Menangkan Pilkada Surabaya

Megawati mengingatkan para kader, perannya sebagai ketua umum dalam menentukan pasangan calon di Pilkada bukanlah perkara mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajarannya untuk segera berkonsolidasi memenangkan Pilkada 2020, khususnya Pilwakot Surabaya. Dia menginstruksikan semua jajarannya harus satu barisan, jangan ada yang bermanuver.

Hal ini disampaikan Megawati saat memberikan arahan dalam acara pengumuman calon kepala daerah dan wakil kepala daerah gelombang kelima melalui telekonferensi, Rabu (2/9/2020).

Dia mengingatkan, konsolidasi dan gotong royong partai merupakan modal utama dalam memenangkan pemilu. Bagian kalah atau menang merupakan urusan di belakang.

"Mana pernah, loh, kalau kita kalah, saya koar-koar begini lah, begitu lah. Enggak. Saya hanya bilang konsolidasikan partai kita. Makanya saya bilang, awas Surabaya, siapa yang bermain, melawan saya. Ingat, mana dia, Surabaya," kata Megawati.

"Kalau ada yang nyeleweng-nyeleweng, sudah tahu saya. Makanya pengumuman ini terbuka untuk umum. Silakan saja, karena saya sudah ceritakan itu hak prerogatif saya. Siapa tidak mau nurut pada ketumnya sebagai simbol partai, saya jatuhkan sanksi," kata putri Proklamator RI Bung Karno itu.

Presiden RI Kelima itu juga mengajak semua pihak untuk guyub. Megawati mengingatkan para kader, bahwa perannya sebagai ketua umum dalam menentukan pasangan calon bukanlah perkara mudah.

"Mulailah konsolidasi bergerak untuk memenangkan mereka yang telah saya berikan rekom supaya bisa menang. Nanti orang yang sudah diberikan rekom, suruh menang itu. Kalau tandingnya menang, kan, kita lebih enak. Jadi paling tidak saya bisa ngawasin untuk lima tahun ke depan. Sehingga dengan demikian, persiapan kita untuk 2024 itu harus segera dimulai," tegas Megawati.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Resmi Usung Eri-Armuji di Pilkada Surabaya

DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini resmi mengumumkan pasangan Eri Cahyadi-Armuji maju di Pilkada Surabaya.

Pengumuman dibacakan langsung oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani, yang disaksikan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam acara Pengumuman Tahap lima yang dilakukan secara daring.

"Atas izin ibu ketua Umum, syarta rekomendasi kota Surabaya akan kita buka. Bismillah, deg-degan semua yang di Jawa Timur,” kata Puan dalam pengumuman daring, Rabu (2/9/2020).

"Rekomendasi kota Surabaya diberikan kepada Eri Cahyadi dengan Armuji. Merdeka. Ayo semangat,” ucapnya.

Adapun Eri saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bapeko) sementara Armuji adalah Politikus PDI Perjuangan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.