Sukses

Megawati Minta Kadernya Ajak Masyarakat Disiplin Protokol Kesehatan

Megawati menyatakan orang sekelilingnya, terutama sang putri, Puan Maharani, melarangnya keluar dan untuk tetap di kediaman.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyatakan tidak pernah keluar rumah selama enam bulan terakhir. Kurang lebih semenjak Covid-19 masuk ke Indonesia.

Presiden Kelima RI ini menyatakan orang sekelilingnya, terutama sang putri, Puan Maharani, melarangnya keluar dan untuk tetap di kediaman. Sehingga membuat rapat-rapat dipimpinnya secara virtual.

"Saya sudah di-lockdown oleh putri saya, Mbak Puan, paling cerewet meskipun ketua DPR, tetapi cerewetnya setengah mati. Saya ini setengah tahun tidak pernah keluar rumah sama sekali. Jadi hanya begini webinar. Tetapi dengan webinar kesibukan saya tidak berkurang," kata Megawati saat memberikan arahannya dalam pengumuman calon kepala daerah PDIP gelombang IV melalui telekonferensi, Jumat (28/8/2020).

Megawati menilai virus Covid-19 paling banyak menyerang paru-paru. Putri Proklamator RI Bung Karno itu juga sedih atas korban jiwa yang tidak bisa diselamatkan akibat penyakit menular itu. Oleh karena itu, Megawati memerintahkan kadernya untuk mengajak masyarakat berdisiplin tentang protokol kesehatan Covid-19.

"Jangan kalian pikir saya tidak pakai masker, masker saya kecil kebetulan saya dapat dari teman saya dari luar yang memberikan sehingga saya sebetul-betulnya bermasker," kata Megawati.

Lebih lanjut, Megawati juga meminta agar masyarakat memahami Covid-19 yang menyerang-paru-paru itu untuk memahami bagaimana perlu menjaga kelestarian hutan sebagai 'paru-paru dunia'.

"Jadi paru-paru inilah alat nafas kita. Jadi kalau paru-paru ada persoalan ya itulah sampai banyak dari mereka yang terkena Covid-19 itu tidak bisa diselamatkan," kata Megawati.

Pada kesempatan ini, Megawati juga mengumumkan tema HUT PDI Perjuangan pada 10 Januari mendatang yang bertepatan juga dengan hari Tanam Pohon Sedunia. "Tema itu adalah Kedaulatan Pangan dan Politik Lingkungan," tambah dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pastikan Terus Dukung Pemerintah Jokowi

Megawati juga memastikan PDIP terus mendukung pemerintahan Joko Widodo dalam memproduksi vaksin anticorona. Dia mengharapkan vaksin itu cepat didistribusikan dan mampu menyembuhkan masyarakat Indonesia.

"Insya Allah dari pengumuman pemerintah kita mendapat pertolongan vaksin dari luar, tetapi tentunya kalau dilihat harus kita sendiri berupaya harus bisa mengalahkan menjalarnya Covid-19 ini," kata Megawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19