Sukses

Megawati Akan Buka Sekolah Partai, Ada Pesan Khusus untuk Para Calon Kepala Daerah

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memberikan pesan khusus kepada 129 calon kepala daerah dan wakilnya dalam Sekolah Partai Angkatan I, Jumat (21/8/2020).

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memberikan pesan khusus kepada 129 calon kepala daerah dan wakilnya dalam Sekolah Partai Angkatan I, Jumat (21/8/2020).

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, sekolah partai untuk Pilkada 2020 ini, pesertanya berasal dari berbagai strata pendidikan yang membuktikan PDI Perjuangan terus memerkuat mekanisme kelembagaan partai di dalam menyiapkan pemimpin.

Proses sekolah partai dimulai pagi hari pukul 10.00 WIB dengan menanamkan kedisiplinan dan aturan main. Pemeriksaan kesiapan akhir dilakukan pada jam 13.30 WIB, dan secara resmi akan dibuka pada pukul 14.00 WIB melalui prosesi kepartaian lengkap oleh Megawati Soekarnoputri.

"Beliau akan memberikan pengarahan melalui telekonferensi, dan juga akan disampaikan hal-hal spesial dari putri Proklamator RI Bung Karno itu dalam memberikan materi," ujar Hasto.

Hasto mengatakan, sekolah partai ini sangat penting, terlebih tantangan kampanye yang dihadapi calon di tengah pandemi.

"Saya mengulang kembali pesan Ibu Megawati, saat ini diperlukan sosok pemimpin daerah yang memiliki fighting spirit, sosok yang tidak mudah menyerah di dalam menghadapi ujian dan tantangan Covid-19," tambah Hasto.

Hasto juga menyampaikan, ada perbedaan sekolah partai sebelumnya dengan saat ini di mana Indonesia sedang dilanda Covid-19. Biasanya PDI Perjuangan menyelenggarakan sekolah partai di Wisma Kinasih, Depok, kini dilakukan secara virtual.

"Lazimnya semua calon termasuk petahana wajib menginap dan tidak boleh keluar dari area. Pagi ada aktivitas senam olahraga. Sekarang, meski secara virtual, partai berharap semua peserta aktif dan tetap mengikuti semua agenda daring dengan serius. Penilaian tetap diberikan. Kepala Sekolah akan memonitor kedisiplinan peserta," jelas Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, peserta sekolah partai juga diikuti oleh berbagai tingkatan pendidikan. Di mana calon kepala daerah dan wakil kepala daerahnya ada yang berasal dari S3, S2, S1, D3 hingga SMA.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilaksanakan Selama 5 Hari

Sekolah partai akan diadakan selama lima hari dengan tetap memperhatikan pembagian waktu Indonesia bagian timur, tengah dan barat. Akan ada lima materi pokok yang akan disampaikan selama acara berlangsung.

"Wilayah Indonesia bagian barat akan diikuti 60 peserta, bagian tengah 41 peserta, dan timur 28 peserta," jelas Hasto.

Dalam pembukaan sekolah partai, Hasto akan memimpin pengheningan cipta yang dilanjutkan pembacaan naskah Pancasila oleh Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun. Watubun juga disebut Kepala Sekolah. Hasto lalu kembali memberikan kata pengantar pembukaan sekolah partai.

Kemudian, Ketua DPP Bidang Ideologi dan Kaderisasi PDIP Djarot Saiful Hidayat akan memberikan laporan kegiatan acara ini.

Setelahnya, Ketua Umum PDIP Megawati akan memberikan arahan kepada para peserta Sekolah Partai.

"Pengarahan Ibu Megawati akan ada yang bersifat terbuka dan tertutup untuk media," tandas Hasto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini