Sukses

Resmi Didukung PAN, Gibran Temui Zulkifli Hasan Siang Ini

Gibran Rakabuming Raka mendapat banyak dukungan parpol untuk berlaga di Pilkada Solo 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengusung pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa di Pilkada Solo 2020. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno.

"PAN sudah resmi mencalonkan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Surakarta," kata Eddy saat dikonfirmasi, Rabu (12/8/2020).

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itupun akan menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada siang ini. "Rencana iya ada pertemuan, untuk silaturahmi," ucap dia.

Gibran dijadwalkan menyambangi rumah dinas Zulkifli Hasan yang merupakan Wakil Ketua MPR pada siang ini. "Jam 14.00 di Widya Chandra," ucap Eddy.

Gibran sudah mendapat banyak dukungan parpol untuk berlaga di Pilkada Solo 2020. Selain PDIP, partai lain yang menyatakan dukungan untuk putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut, di antaranya, Gerindra, PAN, PPP, Partai Golkar, hingga PSI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan PAN Solo Dukung Gibran Rakabuming Raka Jadi Calon Wali Kota Solo

Sebelumnya, turunnya rekomendasi DPP PDIP kepada Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dalam Pilkada Solo menyebabkan DPD PAN Solo memberikan dukungan kepada pasangan tersebut.

Menurut Ketua DPD PAN Solo Achmad Sapari, DPP PAN telah memerintahkan kepada DPD PAN Solo untuk memberikan dukungan kepada pasangan Gibran-Teguh pada Pilkada Solo.

"Untuk PAN Solo memang diperintah utuk mendukung saudara Gibran dan saudara Teguh di Pilkada Solo," kata dia di Solo, Jumat, 17 Juli 2020.

Sapari mengungkapkan, pertimbangan yang mendasari untuk memberikan dukungan kepada pasangan Gibran-Teguh lantaran partai pengusung pasangan tersebut, PDIP, merupakan partai penguasa di Solo.

Selain itu juga, pertimbangan lainnya, pasangan tersebut diharapkan bisa memajukan Kota Solo lebih baik.

"Pertimbangannya karena satu sisi, kita harus realistis bahwa masyarakat Solo saat ini mendukung PDIP. Dan kami juga punya tujuan, siapa pun yang jadi wali kota harus memajukan Solo untuk masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera," ujar dia.

Munculnya dukungan tersebut tidak serta merta tanpa melakukan penjajakan dengan partai pengusung. 

Menurutnya, jajaran pengurus PAN Solo telah menjalin komunikasi dengan sejumlah pengurus PDIP Solo. Meski demikian, ia mengaku komunikasi dengan pasangan calon baru itu sebatas kepada Teguh Prakosa sebagai calon wakil wali kota.

"Justru dengan Pak Teguh dan teman-teman PDIP tiap hari komunikasinya," ucapnya.

Sedangkan, pertemuan dengan Gibran, Sapari mengatakan pihaknya masih menungu waktu yang tepat. Namun, tim yang dibentuknya untuk melakukan pendekatan dengan Gibran sudah berhasil menemuinya.

"Saya punya tim yang sudah pendekatan memang tim sudah ketemu dan suatu saat, kita akan bertemu dengan Mas Gibran dan partai pendukung," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.