Zulkifli Hasan: PAN, Demokrat dan AHY Sepakat Kerja Sama di Pilkada 2020

Oleh Maria Flora pada 30 Jul 2020, 13:33 WIB
Diperbarui 30 Jul 2020, 13:33 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas
Perbesar
Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu, 29 Juli kemarin.

Menurut Zulkifli Hasan, pertemuan antara dirinya dengan AHY meneguhkan kehadiran partai politik sebagai faktor integrator bangsa dan negara.

"Silaturahim ini adalah bagian dari komunikasi antar-pimpinan partai politik dalam meneguhkan kehadiran partai politik sebagai faktor integrator bangsa dan negara. Di samping itu, ini adalah bagian dari komitmen untuk membangun demokrasi yang berkualitas di Indonesia," kataZulkifli dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 29 Juli 2020 dilansir Antara.

Ada sejumlah persoalan bangsa yang diangkat menjadi pembahasan saat AHY dan Zulhas bertemu. Pertama, mengajak seluruh komponen masyarakat, termasuk partai politik, untuk bersama-sama dengan pemerintah berjuang memerangi pandemik COVID-19.

"Jangan sampai terjadi krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemik COVID-19. Pemerintah telah bekerja keras untuk memperbaiki kondisi ekonomi, sosial, budaya, dan politik masyarakat dan bangsa," ujarnya. 

Kedua, lanjut Zulhas, dalam Pilkada 2020 PAN dan Partai Demokrat akan bekerja sama sesuai dengan perkembangan politik daerah. Tujuannya agar muncul pemimpinan daerah yang memiliki integritas, amanah, jujur, dan berjuang untuk kepentingan rakyat.

Ketiga, PAN dan Partai Demokrat bersepakat untuk menjadi kekuatan penting dalam membangun demokrasi di Indonesia.

"Demokrasi akan semakin baik dan berkualitas jika partai politiknya semakin baik dan berkualitas," katanya.

2 dari 3 halaman

AHY Klaim Ada Kesamaan Antara PAN dan Demokrat

Sementara itu, putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengklaim ada kesamaan antar PAN.

"Di Desember 2020 ini, tentu banyak kesamaan antara PAN dan Demokrat," klaim AHY.

Meski demikian, dia tak menyebutkan mana saja daerah-daerah yang sama dengan PAN tersebut.

"Ada yang kami lihat sebagai daerah yang memiliki signifikansi yang tinggi, yang potensial, dan memiliki kans menang yang juga baik," pungkasnya.

Ketum PAN Zulkifli Hasan mengaku senang dengan kedatangan AHY. Menurut dia, silaturahmi ini adalah bagian dari komunikasi antar pimpinan partai politik dalam meneguhkan kehadiran partai politik sebagai faktor integrator bangsa dan negara.

"Di samping itu, ini adalah bagian dari komitmen untuk membangun demokrasi yang berkualitas di Indonesia," jelas Zulkifli.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓