NasDem Ajukan Putra Dahlan Iskan Dampingi Machfud Arifin di Pilkada Surabaya

Oleh Liputan6.com pada 25 Jul 2020, 22:18 WIB
Diperbarui 25 Jul 2020, 22:18 WIB
ilustrasi Pilkada serentak
Perbesar
Pilkada serentak

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Surabaya merekomendasikan nama Presiden Persebaya, Azrul Ananda, untuk mendampingi Machfud Arifin (MA) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya 2020.

Ketua DPD Partai NasDem Surabaya Robert Simangunsong menuturkan, Azrul mampu mendongkrak suara Machfud Arifin di Pilkada Kota Surabaya yang dijadwalkan berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Karena Pak Machfud Arifin yang kami rekomendasikan sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya sudah senior. Beliau purnawirawan kepolisian. Maka kami rekomendasikan dari kaum milenial sebagai wakilnya," tutur dia di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, (25/7/2020).

Partai NasDem, kata dia, menilai Azrul Ananda yang juga putra mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan tersebut sebagai representasi kaum milenial sehingga tepat mendampingi Machfud Arifin yang berpengalaman menangani berbagai aktivitas besar dan berpengaruh di Surabaya.

"Usianya saat ini 43 tahun. Lulusan dari Universitas Negeri California, Amerika Serikat. Pernah menjabat CEO surat kabar Jawa Pos. Artinya, kualitasnya tak diragukan," ucapnya.

Menurut dia, sejumlah kegiatan yang digelar Azrul di Kota Pahlawan dinilai sukses, khususnya di bidang olahraga, seperti mencetuskan "Development Basketball League" (DBL), yakni kompetisi bola basket yang diikuti oleh siswa SMA se-Indonesia.

"Surat rekomendasi Azrul Ananda sebagai bakal calon wakil Wali Kota Surabaya untuk mendampingi Pak Machfud Arifin di Pilkada Surabaya sudah ditandatangani. Hari ini juga akan kami kirim ke Tim Pemenangan Machfud Arifin," kata Robert.

2 dari 3 halaman

8 Partai Politik Masing-Masing Bakal Ajukan Calon Wakil

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Perbesar
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Machfud Arifin sejauh ini menjadi satu-satunya figur yang telah mengumumkan diri maju sebagai bakal calon Wali Kota di Pilkada Surabaya 2020.

Mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur itu diusulkan delapan partai politik yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, yaitu NasDem, Gerindra, PKB, PPP, PAN, Demokrat, PKS dan Golkar.

Tersisa dua partai politik di parlemen DPRD Kota Surabaya yang hingga kini belum merekomendasikan bakal calon, yaitu Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menurut Robert, delapan partai politik yang telah merekomendasikan Machfud Arifin sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya masing-masing akan mengajukan bakal calon wakil.

"Nantinya dari sejumlah bakal calon wakil yang diajukan oleh masing-masing partai politik akan dikerucutkan lagi. Selanjutnya akan ditentukan sendiri oleh Pak Machfud Arifin," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓