Demokrat Surabaya Yakin Dua Bacawali Bisa Dongkrak Suara Machfud Arifin

Oleh Liputan6.com pada 23 Jul 2020, 08:15 WIB
Diperbarui 23 Jul 2020, 08:15 WIB
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Perbesar
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Liputan6.com, Jakarta - DPC Partai Demokrat Kota Surabaya yakin dua kader terbaiknya yang diajukan untuk menjadi bakal calon wakil wali kota Surabaya punya kekuatan untuk dongkrak suara bakal calon wali kota Surabaya Machfud Arifin di Pilkada Surabaya 2020.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya, Lucy Kurniasari menuturkan, dua kader terbaik Partai Demokrat yakni Siti Anggraenie Hapsari (SAH) dan M. Machmud memiliki karier cukup mumpuni dan mempunyai kekuatan dalam mendongkrak suara Machfud Arifin saat Pilkada Surabaya pada 9 Desember 2020. 

"Kami optimistis salah satu kader terbaik Demokrat itu akan dipilih. Karir dua kader kami cukup mumpuni dan punya kekuatan mendongkrak suara untuk memenangkan Pak MA (Machfud Arifin) pada pilkada 2020," ujar Lucy, seperti dikutip dari Antara, ditulis Kamis (23/7/2020).

Dia menuturkan, kedua kader unggulan Partai Demokrat memiliki karier dan pengalaman yang sangat mendukung untuk menjadi wakil wali kota mendampangi Machfud Arifin yang didukung oleh delapan partai di Surabaya.

Oleh karena itu, pascamenerima surat rekomendasi dari DPP Partai Demokrat pada Minggu, 19 Juli 2020, Lucy Kurniasari meminta SAH dan Machmud secepatnya membranding dirinya dan harus kembali terjun ke masyarakat guna meningkatkan elektabilitasnya.

Harapannya, kata dia, bisa mendongkrak hasil survei  menjadi lebih tinggi sebab hasil survei akan jadi salah satu pertimbangan Machfud Arifin dalam menentukan wakilnya. Anggota Komisi IX DPR RI ini menyebutkan pemilihan nama SAH dan M. Machmud melalui tahapan sebuah proses panjang, termasuk juga berkonsultasi dengan DPP Partai Demokrat.

"Pak Machmud sudah tiga periode menjabat DPRD Surabaya dan perolehan suaranya cukup tinggi. Sedangkan SAH berpengalaman dalam berorganisasi dengan didukung pernah menjadi Ketua Pengurus Daerah INI Surabaya (2016-2019) dan Wakil Ketua INI Jatim," tutur dia.

2 dari 3 halaman

Siti Anggaraeni Usung Lima Program

ilustrasi Pilkada serentak
Perbesar
Pilkada serentak

Sementara itu, Siti Anggraenie Hapsari (SAH) sebelumnya mengatakan dirinya mengusung lima program andalan yaitu siap meneruskan pembangunan yang terintegrasi dan menyeluruh sampai di lapisan terdalam, peningkatan SDM untuk mengangkat sektor ekonomi di semua lapisan dan termasuk menggalakkan UMKM dan industri rumah.

Serta memantapkan daya saing usaha ekonomi lokal dan inovasi produk dan jasa serta pengembangan industri kreatif, menciptakan birokrasi yang nyaman dan berkualitas serta memantapkan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Terakhir adalah meningkatkan keamanan di semua lini agar Surabaya menjadi salah satu tujuan wisata yang ramah dan nyaman," kata SAH.

Sedangkan, Moch. Machmud berjanji akan mengumpulkan suara anak muda atau millenial untuk mendongkrak suara MA.

"Saat Pileg 2014 suara saya mencapai 22 ribu dan tercatat paling banyak di seluruh Caleg tingkat kota kabupaten di Jatim. Saya targetkan di Dapil 5 di antaranya sembilan kecamatan lebih mudah mengarahkan warga untuk mencoblosnya. Apalagi nanti kertas suaranya ada gambar saya," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓