Sukses

Tjahjo Kumolo Akui Banyak ASN Jadi Tim Sukses Calon Kepala Daerah

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menuturkan banyak aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki jabatan di daerah menjadi tim sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menuturkan banyak aparatur sipil negara (ASN) yang memiliki jabatan di daerah menjadi tim sukses calon kepala daerah. Maka itu, menjelang Pilkada 2020 ini, KemenPAN-RB akan memperketat netralitas ASN.

"Banyak ASN yang punya jabatan gambling, lebih baik saya ikut tim sukses, siapa tahu tim sukses saya menang pemilu kepala daerah otomatis dia bisa dapat jabatan," ujar Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR, Senin (6/7/2020).

Tjahjo bicara pengalaman salah seorang gubernur yang dia kenal. Bisa menjabat dua periode tanpa perlu kampanye. Gubernur yang tidak disebut identitasnya ini menang pilkada karena memanfaatkan guru, perawat dan bidan. Caranya dengan memberikan handphone kepada mereka melalui anggaran daerah.

"Saya kira nggak usah kampanye enak dua kali jadi itu enak. Ada teman saya begitu juga nggak kampanye pakai pola itu malah lebih dua periode saking enaknya dia setelah 10 tahun jadi kepala daerah," ungkap politikus PDIP ini.

Selain itu, Tjahjo juga mengatakan, ada juga Sekretaris Daerah (Sekda) yang berpihak saat Pilkada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susun Format Awasi ASN

Berkaca pada kasus demikian, KemenPAN-RB bersama Kemendagri, BKN, KPU, Bawaslu, dan KASN merumuskan format untuk menjaga dan mengawasi netralitas ASN saat Pilkada.

"Jadi netralitas ASN siapapun kepala daerahnya, dari partai manapun atau tidak ada partai, tapi ASN harus profesional," kata Tjahjo.

Reporter: Ahda

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.