Sukses

Lawan Bobby Nasution, Demokrat Bakal Usung Ahyar Nasution di Pilkada Medan

Partai Demokrat mengusung calon sendiri di Pilkada Kota Medan. Sekretaris Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan pihaknya akan mengusung Plt Wali kota Medan Ahyar Nasution.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat mengusung calon sendiri di Pilkada Kota Medan. Sekretaris Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan pihaknya akan mengusung Plt Wali kota Medan Ahyar Nasution.

"Untuk Pilkada Kota Medan, Partai Demokrat telah memiliki jago sendiri yang hampir pasti akan menjadi kontestan pemilihan Wali Kota Medan," ujar Kamhar dalam keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Kamhar mengatakan Demokrat satu pandangan dengan Ahyar. Keduanya menginginkan kota Medan tak dipimpin oleh orang yang sedang coba-coba.

"Kita sudah punya pengalaman, betapa mahalnya harga yang mesti ditanggung dan dibayar jika diberikan kepada bukan ahlinya. Nasib rakyat tak boleh diserahkan pada orang yang sedang coba-coba," kata Kamhar.

Ahyar juga dinilai memiliki rekam jejak yang baik untuk kota Medan. Ahyar pernah menjadi anggota DPRD di Medan dan saat ini memegang mandat eksekutif sebagai Plt wali kota Medan dan sebelumnya wakil wali kota.

Kamhar mengatakan, Demokrat telah mengundang Ahyar untuk pemaparan visi dan misi untuk maju sebagai bakal calon wali kota Medan pada 11 Juni lalu. Bappilu telah menyampaikan kepada Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono.

"Mas Ketum menaruh atensi yang tinggi untuk Pilkada Kota Medan," kata Kamhar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dekati PAN dan PKS

Sementara itu, Demokrat tengah membangun komunikasi dengan PAN dan PKS untuk berkoalisi. Karena mereka tak bisa mengusung calon seorang diri. Kamhar mengakui tak mudah berkoalisi di Medan lantaran lawannya menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution.

"Kami memahami, tak mudah membangun koalisi, apalagi berhadapan dengan menantu Jokowi yang telah memborong hampir semua partai. Tapi kami optimis, pasti dapat berlaga meski hanya koalisi dua partai," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.