Catatan P3I untuk Bantu KPU Sosialisasikan Pilkada Surabaya 2020

Oleh Liputan6.com pada 12 Mar 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 12 Mar 2020, 13:47 WIB
ilustrasi Pilkada serentak

Liputan6.com, Jakarta - Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jawa Timur mengatakan siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya untuk menyosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Akan tetapi, syarat pembiayaan produksi dan pemasangan iklan harus jelas.

Sekjen P3I Jawa Timur, Agus Winoto menuturkan, semua biaya produksi reklame saat ini melonjak cukup signifikan sehingga perlu ada pembicaraan lanjutan terkait penanggung biaya produksi dan pemasangan iklan.

"Pada intinya, P31 Jatim setuju membantu KPU menyukseskan Pilkada Surabaya dengan harapan agar masyarakat lebih paham kapan pilkada diselenggarakan serta mengerti bagaimana proses pemilihannya. Tapi siapa yang membiayai,” ujar Agus, seperti dikutip dari Antara, Kamis (12/3/2020).

Ia menuturkan, yang terpenting iklan sosialisasi KPU bisa sampai ke publik sehingga masyarakat antusias mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

"Jangan sampai iklan sosialisasi tidak mengena di masyarakat, sehingga golput tetap ada,” ujar dia.

Ia menuturkan, hal itu disampaikan juga pada saat rapat dengar pendapat dengan Komisi A DPRD Kota Surabaya membahas kesuksesan Pilkada Surabaya pada Selasa, 10 Maret 2020.

Agus menuturkan, ada usulan dari Komisi A agar pengusaha reklame membantu KPU dalam memberikan ruang iklan untuk sosialisasi Pilkada Surabaya.

Saat rapat dengar pendapat, Agus sempat ditanya anggota Komisi A agar iklan sosialisasi KPU menggunakan videotron, tidak lagi reklame konvensional. Agus menjawab justru reklame konvensional lebih mengena, dibanding videotron karena isi konten iklan di reklame konvensional sifatnya tetap tidak berubah-ubah.

2 dari 3 halaman

Kata DPRD Surabaya

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Sebelumnya, Ketua Komisi A DPRD Kota Surabaya Pertiwi Ayu Krishna mengatakan pihaknya meminta P3I bersinergi dengan KPU dengan tujuan menyukseskan Pilkada Surabaya.

"Kami dorong para pengusaha reklame di Surabaya, agar membantu KPU dalam sosialisasi Pilkada Surabaya," kata dia.

Ia menuturkan, dengan pemasangan sosialisasi pilkada di reklame bisa membantu KPU menyukseskan jalannya pesta demokrasi di Surabaya. Ia mencontohkan konten reklame berisi jadwal pelaksanaan pilkada dan siapa saja calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

Selain itu, kata dia, pemasangan reklame sosialisasi pilkada dipasang di tiap lampu merah penyeberangan agar para pengendara juga bisa melihat dan mengerti kapan Pilkada Surabaya 2020 dilaksanakan.

"Soal sosialisasi pilkada di lampu merah, maka dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Dishub Surabaya dan Asosiasi Perusahaan Reklame Surabaya," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓