Sukses

Siap Hadapi Pilkada DIY, PDIP Tinggal Tunggu Rekomendasi Megawati

PDIP sudah memetakan para calon kandidat yang akan diusung, membentuk tim pemenangan prapemilu, dan menyiapkan para saksi.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur pemenangan di Pilkada Serentak 2020 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). PDIP sudah memetakan para calon kandidat yang akan diusung, membentuk tim pemenangan prapemilu, dan menyiapkan para saksi.

"Pilkada kami sudah siap, tinggal menunggu rekomendasi Bu Megawati Soekarnoputri," tutur Hasto saat kunjungannya di Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (8/3/2020).

Menurut Hasto, sambil menunggu para calon kepala daerah diumumkan, seluruh jajaran partai melakukan langkah konsolidasi dan membentuk badan saksi pemilu nasional. Termasuk menyiapkan para saksi hingga regu penggerak pemilu.

Sejauh ini, lanjutnya, PDIP sudah memberikan rekomendasi untuk Pilkada Bantul kepada pasangan Abdul Halim Muslih dan Joko Purnomo. Namun untuk dua daerah lainnya di Pilkada DIY yakni Sleman dan Gunungkidul, masih dalam tahap penjaringan.

"Rakyat memberikan kepercayaan sehingga di DIY ini seluruh ketua DPRD berasal dari PDIP," jelas dia.

Hasto menyatakan pihaknya sudah memetakan para sosok yang akan diusung di Sleman dan Gunungkidul dan membuka peluang kepada semua pihak. PDIP juga melakukan komunikasi politik dengan partai lainnya, tokoh setempat, termasuk Sri Sultan Hamengkubuwono X.

"Ketika rakyat menghendaki dan itu berasal dari luar, maka partai akan membangun komunikasi politik. Dan mereka yang digembleng di apartur sipil negara misalnya dengan mereka yang berasal dari budayawan pun terbuka, dan perguruan tinggi terbuka," Hasto menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.