Sukses

Khofifah Ajak Partai Politik Paham Sinyal Jelang Pilkada

Gubernur Khofifaj menjelaskan bahwa sinyal yang sebaiknya menjadi GPS bersama adalah kondisi ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat jelang pilkada serentak.

Jakarta Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengajak Partai Golkar dan partai politik lainya bersama-sama menyukseskan pilkada serentak yang tahun ini akan digelar di 19 kabupaten kota di Jawa Timur.

Mereka pun juga diharapkan bisa menjadi promotor untuk bisa berama-sama menjaga komitmen Jogo Jawa Timur agar tetap aman dan kondusif di momen pesta demokrasi Pilkada Serentak 2020.

"Sebagai partai yang akan mengusung kandidatnya di 19 kabupaten kota di Jatim dalam Pilkada serentak tahun ini, ada sinyal-sinyal yang sebaiknya dijadikan GPS bersama. Karena kita punya komitmen bersama Jogo Jawa Timur agar tetap aman dan kondusif," kata Khofifah saat hadir dalam Musyawarah Daerah (Musda) X Partai Golkar Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 di Hotel Utami, Sidoarjo, Jumat, 6 Maret kemarin.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu menjelaskan bahwa sinyal yang sebaiknya menjadi GPS bersama adalah kondisi ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat jelang pilkada serentak.

Kondisi tersebut harus betul-betul ditelaah jelang pilkada serentak agar bisa diantisipasi sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu kondusivitas Jawa Timur.

Khofifah juga menekakan dua hal penting yang harus diantisipasi jelang pilkada serentak, yakni toleransi dan juga politisasi SARA. Tak cuma di Jawa Timur, namun hingga ke seluruh daerah di Indonesia.  

"Masalah toleransi, potensi gesekan karena politisasi SARA menjadi dua hal yang harus diperhatikan kita semua. Jangan sampai dua hal ini menjadi permasalahan yang bisa menganggu persaudaraan dan persatuan kita," ungkap Khofifah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Partai Golkar dan Parpol Lain Bersinergi

Dia menambahkan bahwa toleransi harus terus dipupuk dan dikuatkan. Sementara, persaudaraan antar golongan, antar umat beragama serta antar suku harus terus dijaga.

"Partai Golkar dan juga partai politik yang lain, kami harapkan menjadi bagian yang terus bersinergi mewujudkan tujuan bersama ini," ucap mantan Menteri Sosial ini.

Sebab, salah satu kemajuan perekonomian dimanapun sangat dipengaruhi oleh faktor kondusifitas. Keberadaan Partai Golkar yang memiliki perjalanan dan kiprah politik yang cukup panjang tentunya memiliki pengaruh besar bagi kehidupan masyarakat hingga akar rumput.

"Golkar punya tugas dan peran menjaga harmoni dan  toleransi beragama di Indonesia khususnya di Jawa Timur, sehingga kondusivitas dan kohesivitas di Jatim bisa terus terjaga. Dan ini bisa terwujud jika kita semua bisa bergandengan tangan menjaga harmoni dan  toleransi," ujarnya. 

 

Simak berita Times Indonesia lainnya di sini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.