Gerindra Siap Galang Koalisi Partai Gabungan untuk Usung Gibran

pada 03 Mar 2020, 19:24 WIB
Diperbarui 03 Mar 2020, 19:24 WIB
Gibran dan Achmad Purnomo Jalani Fit and Proper Test di DPP PDIP

Jakarta Partai Gerindra siap menggalang koalisi partai gabungan untuk mengusung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota (cawali) di Pilkada Solo 2020 bila putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu tak mendapatkan rekomendasi dari PDIP.

Partai Gerindra optimistis bisa membentuk koalisi bersama Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Gabungan ketiga partai dinilai sudah cukup untuk mengusung cawali-cawawali lantaran berkekuatan 11 kursi DPRD Solo.

Berdasarkan regulasi, agar bisa mengusung pasangan cawali-cawawali, parpol, atau gabungan parpol harus mempunyai sedikitnya sembilan kursi DPRD. 

"Sedari awal kami sampaikan Partai Gerindra mendukung Mas Gibran. Kalau nanti dia tak dapat rekomendasi dari PDIP ya akan kami rangkul, kami usung bersama parpol lain. Bisa nanti dengan PKS dan Golkar," ungkap Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, Senin, 2 Maret 2020. 

Ardianto mengaku terus berkomunikasi dengan parpol lain, baik pemilik kursi di parlemen maupun nonkursi parlemen.

"Kalau Mas Gibran bersedia, saya yakin akan banyak parpol yang mendukung dan bergabung koalisi," kata dia.

Ardianto menilai Gibran sebagai sosok ideal pemimpin Solo ke depan. "Lompatan-lompatan pemikirannya pasti segar," urai dia.

 

2 dari 3 halaman

Koalisi Gabungan Parpol Dimungkinkan

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu dan Pilkada DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto tidak menampik kemungkinan terbentuknya koalisi gabungan parpol.

"Peluang itu selalu ada. Dan itu juga yang masih terus diupayakan PKS mengajak parpol lain agar tidak usah terburu-buru dalam menentukan sikap yang paling pas di momentum yang paling tepat. Kami masih wait and see," ujar dia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman mengakui ada perintah dari DPD Partai Golkar Jateng untuk mendukung Gibran sebagai cawali Solo. Namun, belum berupa instruksi tertulis dari partai.

Disinggung sikap Partai Golkar bila Gibran tak dapat rekomendasi dari PDIP, Taufiqurrahman mengaku belum tahu.

"Perintahnya cuma satu, dukung Gibran. Kayaknya yakin akan dapat rekomendasi," papar dia.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓