Sukses

Politikus PDIP: Marak Calon Bermunculan di Pilkada Surabaya, Warga Banyak Pilihan

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Anugrah Ariyadi menuturkan, jika peserta lebih dari satu peserta dalam pilkada Surabaya 2020 akan diberikan banyak pilihan untuk memilih pemimpin Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Anugrah Ariyadi yang juga bakal calon wakil wali kota untuk Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Surabaya menyatakan telah sosialisasi kepada masyarakat di 31 kecamatan yang ada di Surabaya.

"Semua tergantung pada DPP, rekomendasi yang turun adalah mutlak kewenangan DPP dan hak preogratif dari Ketua Umum DPP PDIP,” ujar dia, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 26 Februari 2020.

Oleh karena itu, ia berharap rekomendasi bakal cawali dari DPP PDI Perjuangan akan diturunkan kepada Whisnu Sakti Buana, mengingat pergerakan kader PDIP di tingkatan paling bawah sampai atas sudah masif untuk memenangkan Whisnu Sakti Buana menjadi Wali Kota Surabaya periode 2021-2026 dalam pilkada.

Ia juga angkat bicara mengenai bakal calon wali kota Surabaya yang namanya mulai mencuat saat ini yaitu Machfud Arifin dan Eri Cahyadi, belum pernah dipilih oleh rakyat dalam proses demokrasi pilkada, tetapi ditunjuk oleh pimpinannya.

"Machfud Arifin (MA) menjadi Kapolda Jatim karena ditunjuk oleh Kapolri bukan dipilih oleh rakyat. Jadi, sepanjang kariernya, Pak MA itu tidak pernah menjalani proses demokrasi atas pilihan rakyat," kata Anugrah yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua B DPRD Kota Surabaya periode 2014–2019 di Surabaya, Rabu.

Begitu juga dengan Eri Cahyadi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Selama ini karier Eri Cahyadi di lingkungan Pemkot Surabaya lantaran ditunjuk oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai atasannya.

"Bukan melalui kontestasi pilihan rakyat, hal ini belum bisa dijadikan sebuah patokan kedua Bakal Calon Wali Kota Surabaya itu dapat memenangkan pesta rakyat Surabaya 2020," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Surabaya Diberikan Banyak Pilihan

Diketahui mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin mendapat rekomendasi dari enam partai, yakni NasDem, Gerindra, PKB, PAN, PPP, dan Demokrat, sementara Eri Cahyadi belum mendapatkan rekomendasi dari partai manapun.

Hanya saja, Eri Cahyadi dikabarkan akan mendapatkan rekomendasi dari PDIP melalui jalur Wali Kota Risma yang kini menjadi pengurus DPP PDIP.

Namun, belakangan munculnya nama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu terus menjadi sorotan di kalangan politisi lantaran status Eri Cahyadi aktif sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Menanggapi hal ini, Anugrah Ariyadi yang juga terdaftar sebagai bakal calon wakil wali kota di PDIP ini menyampaikan sesuai dengan aturan PKPU, pilkada itu harus diikuti minimal satu peserta, tetapi akan lebih baik jika pesertanya lebih dari satu peserta.

"Dengan maraknya calon-calon yang bermunculan akan makin bagus sehingga rakyat Surabaya akan diberikan banyak pilihan untuk memilih pemimpin Surabaya yang terbaik," ujar dia.

Berbeda halnya dengan bakal Cawali Surabaya dari PDIP Whisnu Sakti Buana, kata dia, sepanjang kariernya di politik telah teruji dan terbukti dipilih secara langsung oleh rakyat Surabaya.

"Saat menjadi anggota DPRD Provinsi Jatim dan DPRD Kota Surabaya, masyarakat Surabaya telah menitipkan suaranya untuk beliau (Whisnu)," kata dia

Begitu juga saat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surabaya menggantikan Bambang D.H. juga melalui mekanisme pemilihan di DPRD Kota Surabaya, lebih-lebih saat Whisnu sebagai waki wali kota mendampingi Wali Kota Risma di periode kedua juga melalui mekanisme pilihan rakyat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.