TNI AD Komitmen Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2020

Oleh Yopi Makdori pada 26 Feb 2020, 15:35 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 15:35 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa
Perbesar
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan jajarannya berkomitmen akan menjaga netralitas dalam Pilkada 2020.

Dia menuturkan komitmen yang sama pernah ditunjukkan TNI saat penyelenggaraan Pilpres 2019.

"Pilkada pasti kita buktikan lagi karena tahun lalu pilpres dengan pemilih legislatif kita juga straight, kita harus menepati porsi kita. Kita netral, kita membantu pengamanan dalam penyelenggaraan pemilu," ucap Andika soal pilkada di Mabes AD, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Pada kesempatan itu, Andhika juga menyinggung antisipasi TNI AD guna menanggulangi wabah virus Corona. Selaku pemilik salah satu rumah sakit dengan fasilitas lengkap, pihaknya memang telah menginstruksikan kepada Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat atau RSPAD untuk mengantisipasi hal itu.

"Kita sudah berusaha memang ada RS Pusat itu RSPAD yang sudah mampu lah dan sudah masuk salah satu media juga kan. Memang mereka kita instruksi kan dan ada kepala RS di sini juga untuk menyiapkan karena tidak boleh kita percaya diri untuk tidak ada masalah itu dan benar ada, dan RDPAD sebagai RS pusat sudah kami siapkan," tutur Andika.

"Begitu juga RS di tingkat yang lebih bawah di kota-kota besar sudah kita siapkan, tapi semampu RS itu," imbuh dia.

 

2 dari 3 halaman

Rapim TNI

Sebelumnya, Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) melaksanakan Rapat Pimpinan (Rapim TNI AD TA 2020, dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa bertempat di lantai Dasar Gedung E Mabesad, Rabu (20/2/2020).

Rapim TNI AD tersebut merupakan kelanjutan dan Rapim Kemhan dan Rapim TNI yang telah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya.

Rapim TNI AD diikuti oleh 475 orang terdiri dari 85 Pat dalam struktur TNI AD, 257 Pati orang peninjau 32 orang Pati Staf Khusus Kasad, 46 orang pejabat Mabesad, 21.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓